Terpaksa Gadai BPKB Motor Kesayangan, Kenali Langkah-langkahnya

Oleh Liputan6.com pada 24 Mar 2022, 16:06 WIB
Diperbarui 24 Mar 2022, 16:06 WIB
motor
Perbesar
Motor bebek Viz110 memiliki desain yang mirip dengan Honda Supra GTR150 di Indonesia. (Paultan)

Liputan6.com, Jakarta - Selain menjadi alat transportasi, sepeda motor bisa dimanfaatkan saat membutuhkan dana mendesak. Misalkan menjualnya langsung atau menggadaikan BPKB.

Di pegadaian, BPKB menjadi sebuah produk kreasi yang di mana dapat menjadi pinjaman uang dalam waktu tertentu. Pinjaman ini ditujukan untuk para pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya lebih jauh.

Dengan itu pegadaian memberikan syarat agar penggadai memiliki usaha yang telah berjalan selama satu tahun. Tak hanya itu pengusaha kecil juga tak boleh terikat dengan kredit usaha rakyat dari manapun.

Berikut merupakan syarat dan tata cara jika Otolovers ingin menggadaikan BPKB motor, simak secara baik-baik agar tidak tertinggal satu informasi sekali pun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Syarat Menggadaikan BPKB

Dilansir dari beberapa sumber, berikut merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh para pengusaha kecil ketika ingin menggadaikan BPKB mereka.

  • Usaha mereka telah dibekali dengan legalitas  SIUP, SITU, atau surat keterangan usaha atas nama nasabah

  • Legalistas BPKB, STNK, Faktur, KTP, Kartu Keluarga atas nama pemohon itu sendiri

  • BPKB atau kendaraan yang akan digadai harus atas nama pribadi, selain itu untuk motor berusia 15 tahun dan mobil 20 tahun harus dilengkapi dengan surat-surat yang lengkap.

 


Tata Cara Menggadaikan BPKB di Pegadaian

Proses gadai ini dapat dilakukan di seluruh kantor pegadaian yang berada di wilayah Otolovers tinggal. Bahkan, jika Otolovers merasa malas untuk datang langsung ke kantor pegadaian, kalian dapat melakukannya secara daring melewati aplikasi Pegadaian Digital Service yang dapat di unduh melalui Google Play Store atau App Store.

Berikut tata cara menggadaikan BPKB di Pegadaian:

  • Menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan

  • Mendatangi kantor Pegadaian

  • Menuju loket registrasi

  • Mengisi formulir pengajuan gadai yang telah disediakan

  • Pengajuan gadai akan diproses oleh pihak Pegadaian

Bagi Otolovers yang telah mengajukan penggadaian diharapkan bersabar, karena proses yang ditempuh untuk mencairkan dana dari hasil Gadai ini mencapai kurang lebih 3 hari. Tak hanya itu, uang yang cair pun nominalnya di bawah Rp.10 juta sesuai dengan sewa modal yang lebih ringan.

Demikian, cara dan syarat  menggadaikan surat-surat di Pegadaian dengan aman dan terjamin. Semoga dapat membantu Otolovers yang akan melakukan Penggadaian.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com


Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

Motogp
Perbesar
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya