Sukses

Mitsubishi Indonesia Sebut Produksi Colt L300 di Filipina Hanya Sementara

Produksi Mitsubishi Colt L300 dipindah ke Filipina. Padahal kendaraan niaga ringan (LCV) andalan Mitsubishi itu sudah sejak lama diproduksi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Produksi Mitsubishi Colt L300 dipindah ke Filipina. Padahal kendaraan niaga ringan (LCV) andalan Mitsubishi itu sudah sejak lama diproduksi di Indonesia.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura menyebutkan, pemindahan produksi Mitsubishi Colt L300 di Filipina hanya lah sementara. Nantinya, kendaraan niaga legendaris ini akan kembali diproduksi di dalam negeri.

"Jadi sebenarnya keputusan untuk memindahkan produksi L300 ke Filipina hanya sementara karena kami ingin terus memberikan produksi yang lebih tepat untuk negara ASEAN makanya harus dilakukan strategi tersebut," kata Nakamura saat media gathering virtual, Kamis (17/3/2022).

Pabrikan berlambang tiga berlian itu menyadari, L300 merupakan model legendaris dan menyumbang penjualan cukup tinggi bagi Mitsubishi Motors.

"(Dengan diproduksinya Colt L300 di Filipina) bukan berarti kami menyerah untuk tidak melakukan produksi lagi di Indonesia. Kami sadar bahwa ini adalah 'national car' yang sangat bersejarah dan legendaris buat Indonesia," kata Nakamura.

"Jadi ini adalah temporary solution untuk mengatasi masalah yang dihadapi kemarin terkait produksi namun jangan khawatir karena ini hanya sementara dan kami akan kembali memproduksinya lagi," tambahnya.

Sayangnya, ia tidak menyebutkan secara rinci kapan Colt L300 akan diproduksi kembali di Tanah Air.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjualan Mitsubishi di Indonesia

Sekadar informasi, penjualan Colt L300 di dalam negeri di sepanjang 2021 bisa dibilang sangat baik. Model ini tercatat sebagai penyumbang penjualan terbanyak kedua Mitsubishi.

Colt L300 menguasai 65 persen di segmen Small Pick-Up 4x2 dengan torehan 27.110 unit di sepanjang 2021. Capaian itu tepat di bawah Xpander Series yang selama 2021 penjualannya mencapai 50.807 unit.

Berdasarkan data penjualan ritel Gaikindo di sepanjang Januari-Desember 2021, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 104.407 unit.

Jika dirinci, penjualan model kendaraan penumpang mencapai 68.152 unit, sementara kendaraan niaga ringan sebanyak 36.225 unit.

"Upaya MMKSI di tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Dan pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen," tutup Nakamura.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.