Sukses

Jokowi Resmikan Pabrik Hyundai di Indonesia untuk Dipakai Produksi Mobil Listrik Ioniq 5

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) meresmikan pabrik pertamanya di Asia Tenggara, yang berlokasi di Deltamas, Cikarang Tengah, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) meresmikan pabrik pertamanya di Asia Tenggara, yang berlokasi di Deltamas, Cikarang Tengah, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Peresmian ini dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa menterinya.

Peresmian ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Indonesia untuk membangun pabrik di Indonesia yang juga akan menjadi pusat manufaktur Hyundai di Asia Tenggara.

Pada Desember lalu, Hyundai telah menyelesaikan pembangunan pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 77,7 hektar dengan luas bangunan mencapai 18,8 hektar. Fasilitas perakitan mobil asal Korea Selatan ini sendiri memiliki nilai investasi sekitar US$ 1,55 miliar.

Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 150.000 unit pada 2022 dan akan mencapai hingga 250.000 unit per tahun ke depannya.

Executive Chair Hyundai Motor Group Euisun Chung menjelaskan, Indonesia adalah pusat dari strategi mobilitas Hyundai Motor kedepannya. Pabrik ini akan memainkan peran penting dalam industri otomotif khususnya di bidang kendaraan listrik.

"Selain itu, Hyundai akan terus berkontribusi dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui sinergi pabrik baterai yang sedang kami kembangkan," jelas Euisun, di sela-sela peresmian pabrik Hyundai, Rabu (16/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meluncurkan Ioniq 5

Lanjut Euisun, pihaknya optimis, kehadiran pabrik ini akan mendorong Indonesia untuk memainkan peran penting di kancah internasional.

"Kami berharap teknologi baru yang diusung Hyundai di masa mendatang akan menjadi pondasi untuk kolaborasi yang jauh lebih besar antara Hyundai dan Indonesia," tegasnya.

Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia bertujuan untuk dapat memproduksi model-model kendaraannya secara lokal. Model pertama yang diproduksi pabrik ini adalah Hyundai Creta.

Selain itu, pabrik ini juga akan digunakan untuk memproduksi secara massal mobil berbasis baterai murni (BEV), yakni Ioniq 5 dalam waktu dekat.

"Hari ini saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan dan meluncurkan mobil listrik (hyundai) IONIQ 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan," ujar Jokowi.

"Ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama kita. Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya Ibu Kota Negara Nusantara," Jokowi menambahkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.