Sukses

Top 3: Basis Transportasi di Ibu Kota Baru dan Toyota bZ4X

Informasi mengenai basis kendaraan di Ibu Kota Nusantara (IKN) menarik perhatian pembaca Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai basis kendaraan di Ibu Kota Nusantara (IKN) menarik perhatian pembaca Liputan6.com.

Selain itu, informasi terkait maraknya mobil listrik murah dari Tiongkok, dan Toyota bZ4x yang siap menjejaki pasar Indonesia, juga menjadi sorotan pembaca.

Berikut ringkasan artikel otomotif terpopuler yang terangkum dalam top 3 berita hari ini:

1. Tak Hanya Kendaraan Listrik, Basis Transportasi di Ibu Kota Baru juga Bakal Otonomos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang penggunaan kendaraan bensin atau internal combasition engine (ICE) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembangunan IKN memang diprioritaskan dengan pengurangan kepadatan lalu lintas, dengan jarak tempuh dari satu titik ke titik lainnya menjadi singkat.

"Pertama, yang senang jalan kaki, silakan pindah ke Ibu Kota baru, yang senang sepeda juga pindah lah ke Ibu Kota baru. Kalau senang naik mobil, apalagi pake BBM fosil, jangan pindah ke Ibu Kota baru," ujar Jokowi, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terkait arahan Presiden, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menjelaskan, basis transportasi di IKN nanti akan menjadi green mobility alias mobilitas ramah lingkungan. Hal tersebut, juga sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Selengkapnya baca di sini

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Daihatsu Mulai Terancam Lewat Maraknya Mobil Listrik Murah Cina

Produsen mobil Cina memang gencar menghadirkan model baru untuk segmen mobil listrik. Rupanya, hal ini menjadi sebuah ancaman bagi keberadaan Kei Car listrik asal Jepang di mana Daihatsu, secara gamblang mengatakan hal tersebut akan mengganggu kelangsungan model tersebut.

Disitat dari Carscoops, Presiden Daihatsu Motor, Soichiro Okudaira, menjelaskan menjamurnya mobil listrik asal Tiongkok ini dikarenakan lambatnya produsen mobil Jepang memanfaatkan celah tersebut.

Meski demikian, ia mengatakan untuk tetap memberikan perlawanan kepada mobil listrik Cina, mereka tetap melakukan komitmen dalam memberikan kepuasan kepada konsumen melalui model terbaru yang lebih ciamik.

Selengkapnya baca di sini

 

3 dari 4 halaman

3. Toyota Siap Bawa Mobil Listrik bZ4X ke Indonesia?

Kendaraan listrik diyakini akan semakin berkembang pesat, baik secara global maupun di Indonesia secara khusus. Berbagai pabrikan sudah mempersiapkan line-up mobil ramah lingkungannya, termasuk Toyota yang sudah banyak menghadirkan model hybrid.

Sejatinya, Toyota memiliki satu mobil listrik murni, bZ4X. Kendaraan ini akan segera menyapa konsumen di kawasan Asia Tenggara, termasuk Thailand pada paruh kedua 2022.

Kabar lain juga menyebutkan, Toyota bZ4X juga akan meluncur di pasar Tanah Air. Mobil nol emisi ini, kemungkinan besar akan digunakan untuk menunjang para delegasi KTT G20 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, November mendatang.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini