Sukses

Toyota Siap Bawa Mobil Listrik bZ4X ke Indonesia?

Toyota memiliki satu mobil listrik murni, bZ4X. Kendaraan ini akan segera menyapa konsumen di kawasan Asia Tenggara, termasuk Thailand pada paruh kedua 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik diyakini akan semakin berkembang pesat, baik secara global maupun di Indonesia secara khusus. Berbagai pabrikan sudah mempersiapkan line-up mobil ramah lingkungannya, termasuk Toyota yang sudah banyak menghadirkan model hybrid.

Sejatinya, Toyota memiliki satu mobil listrik murni, bZ4X. Kendaraan ini akan segera menyapa konsumen di kawasan Asia Tenggara, termasuk Thailand pada paruh kedua 2022.

Kabar lain juga menyebutkan, Toyota bZ4X juga akan meluncur di pasar Tanah Air. Mobil nol emisi ini, kemungkinan besar akan digunakan untuk menunjang para delegasi KTT G20 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, November mendatang.

"Nantilah (Toyota bZ4X meluncur di Indonesia), karena berbicara G20 dari pihak TAM (Toyota Astra Motor) masih bicara persiapan dengan pemerintah, khususnya dengan Setneg dan departemen terkait. Jadi, lebih baik dari pemerintah yang menyampaikan," jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur PEmasaran PT TAM, di sela-sela gelaran Jakarta Auto Week 2022, dotulis Minggu (13/3/2022).

Menutut Anton, pihaknya saat ini memang hanya sebagai penyedia fasilitasnya saja. Namun, KTT G20 sendiri, adalah acara yang dilakukan oleh pemerintah, jadi rasanya lebih baik pemerintah yang menyampaikan.

"Tapi, dari pemerintah sudah minta support kami, dan kami sudah menyatakan kita akan support. Saya tidak bisa katakan produknya, karena tidak hanya produk tapi juga stasiun pengisian dayw mobil listrik dan bicara dengan PLN," tambah Anton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Studi

Sementara itu, terkait rencana mobil listrik Toyota bZ4X dijual di Indonesia, pihak Toyota sendiri tidak menutup segala kemungkinan yang ada. Termasuk, dalam hal ini penjualan dari battery electirc vehicle (BEV). Pasalnya, di merek mewahnya saja, yaitu Lexus juga memiliki mobil listrik UX 300e.

"Untuk studi mobil listrik juga terus berjalan, tapi saya tidak bisa bilang itu PHEV. tapi, line-up BEV, PHEV, maupun hybrid akan kita hadirkan. Indonesia masih studi juga," pungkas Anton.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.