Sukses

Ini Penyebab Recall Daihatsu Rocky

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan terhadap Daihatsu Rocky terkait permasalahan pada fender apron

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan terhadap Daihatsu Rocky terkait permasalahan pada fender apron. Program recall ini melibatkan 9.378 unit yang terdiri dari model 1.0 turbo dan 1.2 liter, periode produksi 28 April hingga 7 Oktober 2021.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM menyampaikan, recall ini terjadi karena ada potensi terlepasnya dudukan shockabsorber (fender apron) depan akibat kurang tepatnya posisi titik pengelasan.

"Penyebabnya akibat kurang tepatnya titik pengelasannya saja. Jadi bagian ini sebenarnya sudah dilas penyambungan antara pelat bawah dan atas, namun posisi pengelasannya itu tidak tepat sehingga mengurangi kekuatan sambungan las weldingnya," terangnya secara virtual, Jumat (11/3/2022).

Untuk menanggulangi masalah ini, Daihatsu akan menambah jumlah titik pengelasan dari 14 titik menjadi 25 titik pengelasan.

"Kami sebagai pabrikan bertanggung jawab terhadap kualitas walaupun yang komplain di Daihatsu tidak banyak tapi komitmen kami terhadap kualitas tetap kami lakukan dan kami melakukan analisa untuk menjamin supaya posisi apron ini lebih kuat maka titik pengelasannya ditambah 11 titik, jadi totalnya menjadi 25 titik," jelas Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM.

"Kami sudah melakukan simulasi, dengan 25 titik pengelasan itu dipastikan masalah akan selesai dan tidak akan terjadi potensi-potensi yang berbahaya," tambah Amelia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Durasi Pengerjaan

Lebih lanjut Amel menyampaikan dilakukan, recall yang dilakukan merupakan bagian dari tanggung jawab pabrikan, bukan karena cacat produk.

"Saya tegaskan kembali, bahwa (recall) ini bukan salah produk tetapi kami bertanggung jawab terhadap kualitas dan memberi tambahan kekuatan pada apron ini dengan memberi 11 titik tambahan untuk pengelasan,"

Sekadar informasi, terkait recall Daihatsu Rocky ini konsumen tidak dikenakan biaya alias gratis dengan durasi perbaikan 10 jam kerja.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini