Sukses

Cara Mengatasi Tutup Tangki Bensin Motor yang Macet

Bagi pemilik motor, sering kali mengabaikan perawatan tutup tangki motor. Padahal, fungsi dari komponen tersebut cukup penting

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bagian yang sering terabaikan oleh pemilik motor adalah perawatan tutup tangki bensin. Padahal, fungsi dari komponen tersebut cukup penting, dan akan sangat merepotkan jika sudah macet alias rusak dan tidak bisa dibuka tutup.

Tutup tangki motor sendiri dibuat menggunakan material yang dapat berkarat. Terlebih, jika bagian ini kerap terkena air hujan dan tidak langsung dibersihkan.

Dijelaskan Mahdin, dari bengkel motor Ibana Jaya Oil, di bilangan Depok, Jawa Barat, yang dibutuhkan saat kunci tutup tangki bensin macet, adalah cairan bernama WD-40 atau singkatan dari Water Displacement, 40 attempt. Sederhananya, WD-40 adalah cairan anti karat.

"Kalau tutup tangki berkarat, caranya gampang. Tinggal semprotkan cairan WD-40 di lubang tangki. Diamkan saja nanti setelah itu macetnya hilang," terang Mahdin, kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Jika tidak ada WD-40, maka bisa pula menggunakan chain lube yang juga bisa melakukan hal yang sama. "Bisa pakai chain lube juga, tapi lebih baik cairan WD-40, karena memang sesuai peruntukannya," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Varian baru

Sementara itu, PT Bersamakita Karya Trinimandiri, sebagai Marketing Distributor (MD) WD-40 kini juga resmi memperkenalkan varian baru, yaitu WD-40 low Odour dengan fitur smart straw.

Pebruono Christiawan, selaku Head of Marketing PT Bersamakita Karya Trinimandiri mengatakan, pihaknya mendapat banyak masukan dan permintaan untuk menghadirkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia khususnya end-user.

"Sekarang kami menjawabnya dengan varian WD-40® Low Odour dengan fitur Smart Straw, produk multi guna yang juga aman untuk motor atau mobil. Selain serba guna, produk ini juga solusi untuk pengguna yang tidak terbiasa dengan bau yang menyengat," tukas Pebruono.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini