Sukses

Viral Diterobos Komunitas Supermoto, Gerbang Tol Kelapa Gading Harus Dilengkapi Dua Hal Ini

Meskipun secara keterangan dari para pelaku tersebut mengatakan bahwa mereka tidak tahu, hal tersebut selaras lantaran salah satu penyebab kejadian itu terjadi dikarenakan Gerbang Tol (GT) Kelapa Gading belum dilengkapi dengan plang informasi serta tol gate.

Liputan6.com, Jakarta - Berkaca dari kejadian komunitas supermoto yang masuk jalan tol di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, masih terus berdampak ke beberapa aspek di jalan raya.

Meskipun secara keterangan dari para pelaku tersebut mengatakan bahwa mereka tidak tahu, hal tersebut selaras lantaran salah satu penyebab kejadian itu terjadi dikarenakan Gerbang Tol (GT) Kelapa Gading belum dilengkapi dengan plang informasi serta tol gate.

Hal ini diungkapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya, berdasarkan keterangan pelaku, mereka memang tidak mengetahui bahwa jalan layang tersebut merupakan rangkaian dari jalan bebas hambatan.

"Dari kesaksian dan keterangan kebanyakan dari salah satu klub motor ini kebanyakan bahwa tidak mengetahui bahwa itu adalah jalan tol," jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam, mengutip keterangan Korlantas Polri (6/3/2022).

Namun, melihat situasi di lapangan, memang GT Kelapa Gading masih minim papan informasi yang menandakan bahwa itu adalah jalan tol. Melihat hal tersebut, ia menyarankan kepada pengelola jalan tersebut untuk melengkapi papan informasi atau pintu tol sebagai penanda yang jelas.

"Jadi jalan menghubungkan untuk ke tol belum ada, belum dilengkapi oleh gate tol atau gerbang tol," tambah Jamal. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Dilengkapi dengan Gate Tol

Dikarenakan komunitas ini sudah kepalang tanggung, mereka akhirnya tidak bisa berbuat banyak untuk keluar dari jalan tol. Salah satu caranya adalah dengan menyusuri sampai pintu tol keluar terdekat.

Bahkan, Jamal Alam, juga menyebutkan pihaknya akan meminta kepada pengelola untuk segera melengkapi fasilitas pintu tol di depan untuk meminimalisir kejadian serupa.

"Nah yang di Kelapa Gading saya lihat menggunakan sistem terbuka, masuk dulu baru bayar dj akhir. Ke depan, kita koordinasi dengan pihak pengelola jalan tol untuk mengantisipasi kejadian agar tidak terjadi," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.