Sukses

Aki Baru Tapi Mobil Tak Bisa Distarter? Ini Beberapa Penyebabnya

penyebab mobil tidak bisa distarter tidak melulu ada kerusakan pada komponen tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Komponen aki memiliki peranan penting dalam kelangsungan kendaraan, baik itu mobil atau motor, komponen tersebut memiliki peran yang begitu vital. Karena untuk menyalakan mesin kendaraan, dibutuhkan aki yang prima agar kerjasama antar komponen kelistrikan bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik, maka kualitas aki juga harus diperhatikan dengan seksama. Kadang, melakukan penggantian komponen aki mobil yang baru, pemilik kendaraan masih direpotkan dengan permasalahan mobil tak bisa starter.

Padahal, penyebab mobil tidak bisa distarter tidak melulu ada kerusakan pada komponen tersebut. Ada juga masalah yang timbul akibat kinerja komponen lainnya yang tidak maksimal, sehingga menyebabkan mobil menjadi sulit distarter, contohnya adalah dinamo.

Jika telah membeli aki baru tetapi mobil tidak bisa distarter, sepertinya ada yang tidak beres pada masalah kelistrikan mobil tersebut. Untuk mengidentifikasi penyebab aki baru tidak bisa starter mobil, ada baiknya pemilik kendaraan memperhatikan beberapa indikasi awalnya.

Ada beberapa hal yang sekiranya harus dicek ketika mendapati masalah tersebut. Berdasarkan informasi dari laman Auto2000, ada 4 kemungkinan yang menyebabkan aki baru tersebut tidak bisa starter mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa Penyebab

1. Aki Belum Dicas

Kondisi seperti ini sering kali dihadapi oleh pengguna aki basah. Untuk jenis aki kering atau Maintenance Free, biasanya perangkat tersebut bisa langsung dipasang di kendaraan dan langsung bisa menyalakan mobil.

Bagi pengguna aki basah yang mengalami kendala tersebut, harus mengecas terlebih dahulu sampai batas yang ditentukan oleh pembuat aki.

2. Kualitas Aki yang Tidak Bagus

Untuk hal ini, bisa juga penyebab mobil tidak bisa distarter meskipun menggunakan aki baru adalah kualitas aki yang digunakan. Jangan tergiur oleh logo yang hampir mirip dan harga yang lebih murah.

Demi menjaga kepuasannya, pemilik mobil harus menggunakan aki yang benar-benar memiliki kualitas baik. Harga mahal yang harus dikeluarkan tentunya akan sebanding dengan kualitas produk tersebut.

3. Masalah Kelistrikan

Kemudian, indikasi masalah mobil tidak bisa distarter lantaran aki baru juga bisa disebabkan oleh komponen kelistrikan mobil. Bisa jadi, dari beberapa komponen yang ada di dalamnya mengalami kerusakan sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Untuk urusan seperti ini, bawalah kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Masalah Sistem Pengapian

Aki yang bagus juga harus ditopang dengan beberapa komponen lain yang membuatnya dapat bekerja dengan baik. Busi yang sudah lama dan kualitasnya sudah menurun, akan memengaruhi dan menjadi penyebab aki tidak bisa distarter.

Koil dan ECU mobil yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter meskipun aki tersebut baru.

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.