Sukses

Ini Calon Mobil Listrik Volvo yang Bisa Jadi Masuk Indonesia

Volvo kembali menjejaki pasar otomotif Indonesia melalui PT Leading Vision Otomotif (LVO). Mereka berencana menghadirkan mobil listrik untuk pasar nasional

Liputan6.com, Jakarta - Volvo kembali menjejaki pasar otomotif Indonesia melalui PT Leading Vision Otomotif (LVO). PT LVO mengumumkan pada Selasa (1/3/2022) jika salah satu inovasi yang ingin dihadirkan adalah produk mobil listrik yang menjadi teknologi terkini yang ditawarkan Volvo.

LVO akan sepenuhnya berfokus pada pemasaran mobil merek Volvo dan melayani kebutuhan pelanggan di Indonesia.

"Kembalinya Volvo Cars ke pasar Indonesia akan merevitalisasi segmen mobil premium sekaligus menambah warna tersendiri melalui keahlian dan gaya khas Swedia ke segmen premium yang terus berkembang. Pendekatan unik Volvo Cars terhadap keberlanjutan dan netralitas karbon membuat kami berbeda dari pemain lain di industri otomotif," kata Presiden Direktur LVO dan Volvo Cars di Indonesia, Yoshiya Horigome.

Nantinya LVO akan membuka showroom serta layanan bengkel servis pertama di Tanah Air pada kuartal III. Layanan sales dan servis ini akan jadi satu atap dengan kantor pusat Volvo Cars yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Memang dalam keterangan resminya, mereka tak membeberkan model mobil Volvo apa yang akan diluncurkan, termasuk jadwal tepat perilisan mobil.

Namun jika melihat statement mereka yang fokus pada mobil ramah lingkungan, kita bisa menerka calon mobilnya.

Sesuai tren pasar di Tanah Air, kemungkinan besar Volvo akan membawa sejumlah produk SUV (Sport Utility Vehicle).

Mari kita lihat portofolionya di pasar Thailand, ini bisa jadi parameter karena secara konsumen dan demand antara Indonesia punya sedikit kemiripan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkiraan Model

 

Maka prediksi pertama adalah Volvo XC40 Recharge, di Thailand mobil ini jadi salah satu SUV kompak 5 penumpang paling terjangkau.

Harganya dijual mulai THB 2,090,000 atau Rp 919 juta untuk varian plug-in hybrid, namun mereka juga menyedi varian listrik murninya.

Khusus varian plug-in hybrid, Volvo XC40 dibekali dengan mesin bensin 1,5 liter, 3-silinder, turbocharger, dan motor listrik.

Dalam keadaan baterai terisi penuh, sistem hybrid-nya bisa melaju sampai 44 kilometer. Adapun untuk tenaga maksimalnya adalah 262 daya kuda dan tosi puncak sampai 265 Nm.

Catatan akselerasi berdasarkan laman resmi Volvo Thailand, XC40 bisa melesat dari posisi diam ke 100 km/jam dengan hanya butuh waktu 7,3 detik dan memiliki kecepatan puncak sampai 180 km/jam.

Adapun sebagai fitur keamanan standar, dia sudah dibekali dengan pengereman ABS, Traction Control, Blind Spot Information System, Collision Avoidance & Mitigation Support Auto Brake, Cross Traffic Alert, Lane Keeping Assist, dan full Airbags.

Selain XC40, Volvo juga memiliki XC60 dan XC90 yang sama-sama dibekali dengan jantung pacu plug-in hybrid sampai listrik murni.

Di Thailand, XC60 dijual dengan banderol mulai THB 2.990.000 atau Rp 1,3 miliar dan untuk XC90 dilego THB 3.990.000 atau setara Rp 1,7 miliaran.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.