Sukses

Survei: Masyarakat Pertimbangkan Beli Kendaraan Listrik 5 Tahun ke Depan

Terdapat 29 persen responden yang sudah berencana untuk membeli motor listrik dan 31 persen responden yang sudah berencana membeli mobil listrik dalam lima tahun ke depan

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dipercaya bakal semakin masif ke depannya. Dengan berbagai dukungan, baik dari peraturan yang dicanangkan oleh pemerintah serta ekosistem yang tercipta, diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk membeli mobil atau motor ramah lingkungan ini.

Bahkan, baru-baru ini layanan survei konsumen berbasis digital, Populix, membagikan hasil survei “Indonesian Modern Consumption” berkaitan seputar perilaku konsumen Indonesia di era modern, termasuk dalam hal penggunaan kendaraan listrik.

Hasil survei menunjukkan bahwa saat ini, hanya 13 persen responden yang memiliki motor listrik dengan mayoritas merek yang dibeli adalah United Motor (34 persen), Viar (30 persen), dan Gesits (20 persen). Sementara untuk kategori mobil listrik, hanya 2 persen responden yang memilikinya, dengan mayoritas merek yang dimiliki adalah Tesla (21 persen), Hyundai (18 persen), dan BMW (17 persen).

Timothy Astandu, Chief Executive Officer Populix menjelaskan, meskipun saat ini hanya ada sebagian kecil masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan listrik, survei menunjukkan bahwa tren ini akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

"Lebih dari setengah responden tengah mempertimbangkan untuk membeli kendaraan listrik, bahkan sepertiga responden sudah berencana untuk membeli kendaraan listrik dalam lima tahun ke depan," kata Timothy Astandu, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (2/3/2022).

Adapun hasil survei Populix mengungkap bahwa terdapat 29 persen responden yang sudah berencana untuk membeli motor listrik dan 31 persen responden yang sudah berencana membeli mobil listrik dalam lima tahun ke depan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merek pilihan

Di pasar roda dua, United Motor, Viar, dan Gesits merupakan merek motor listrik yang tetap menarik perhatian calon konsumen. Sedangkan untuk segmen roda empat, Tesla, Hyundai, dan Toyota menjadi pilihan utama para calon konsumen mobil listrik.

Beberapa alasan yang mendorong responden dalam membeli dan mempertimbangkan kendaraan listrik adalah produk yang lebih ramah lingkungan, hemat biaya perawatan, dan memiliki zero emission. Ke depannya, responden juga meyakini bahwa kendaraan listrik akan semakin ramah lingkungan, menjadi kendaraan masa depan, dan dapat mengurangi permintaan terhadap bahan bakar minyak.

Survei ini dilakukan terhadap 1.002 responden yang terdiri dari 523 responden laki-laki dan 479 responden perempuan berusia 18-55 tahun pada tanggal 3-9 Januari 2022 di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.