Sukses

Lexus Siapkan Mesin V8 Baru Sebelum Beralih Produksi Mobil Listrik

Di tengah tren elektrifikasi, pabrikan mobil mewah Lexus menyatakan masih akan memproduksi mobil dengan mesin konvensional berkonfigurasi V8.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah tren elektrifikasi, pabrikan mobil mewah Lexus menyatakan masih akan memproduksi mobil dengan mesin konvensional berkonfigurasi V8. Hal ini diungkapkan langsung oleh perwakilan Lexus Australia di mana hal tersebut akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Dalam laporan Carsales Australia, Lexus Australia chief executive, John Pappas mengaku belum berencana mengakhiri kedigdayaan mesin konvensional mereka meskipun elektrifikasi sudah di depan mata.

"Sehubungan dengan V8, dan saya tidak dapat menginformasi atau menyangkal bahwa kami mengeluarkan V8 baru, tetapi dengan konsep mobil sport elektrik berperforma tinggi yang telah kami tunjukkan akhir-akhir ini masih ada peluang di sana untuk potensi V8 dengan listrik," jelas John Pappas.

Kehadiran mesin V8 yang dikabarkan bakal menjadi senjata terakhir Lexus sebelum era mobil listrik. Nantinya, mesin ini siap diadopsikan sebelum mereka memutuskan untuk menghentikan produksi mobil listrik.

Pertama kali, kabar mengenai informasi tersebut disuarakan beberapa waktu lalu di mana Toyota ketahuan tengah menyiapkan mesin V8 Twin-Turbo untuk menggantikan mesin V8 berkubikasi 5.0 liter Naturally Aspirated.

Nantinya, mesin V8 yang telah dipersiapkan ini akan disematkan pada beberapa model, salah satunya Lexus IS dan Lexus LC F Coupe.

Namun, model Lexus LFA tersebut juga akan mendapatkan mesin hybrid yang bakal dikolaborasikan dengan mesin V8 dan kabarnya jantung pacu tersebut akan menghasilkan 670 tk dengan torsi maksimum 1.000 Nm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lexus Tampilkan Mobil Konsep di Tokyo Auto Salon 2022

Lexus memanfaatkan acara Tokyo Auto Salon 2022 untuk memperkenalkan konsep mobil canggihnya yakni NX PHEV Off-Road. Mobil konsep ini terlihat tangguh dan canggih sebagai kendaraan petualang.

Dilansir Carscoops, konsep ini berdasarkan Lexus NX 450H+ 2022, sebuah crossover kokoh dengan eksterior unik yang memiliki grill hitam matte, gagang pintu hitam matte, dan pelek 17 inci yang dibalut dengan ban BFGoodrich All-Terrain T/A.

Konsep ini juga menampilkan eksterior Iron Oxide yang kontras dengan aksen smoked di kaca spion, bingkai jendela, dan lencana. Mobil ini juga memiliki rel atap hitam matte dan rak kargo hitam matte yang serasi.

Lexus sendiri tidak merinci powertrain-nya, tapi NX 450h+ 2022 memiliki jantung penggerak PHEV, yang terdiri dari mesin empat silinder berkapasitas 2,5 liter, yang dipadukan dengan baterai lithium-ion 18,1 kWh dan beberapa motor listrik.

Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu menghasilkan daya gabungan sebesar 302 Tk (222 kW/306 Ps) dan memiliki daya jangkau sebesar 60 km dengan listrik saja.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.