Mesin Mobil Tak Kunjung Hidup, Mungkin Ini Akar Masalahnya

Oleh Arief Aszhari pada 28 Feb 2022, 16:01 WIB
Diperbarui 28 Feb 2022, 16:01 WIB
Mobil sulit distarter saat momen lebaran? Berikut tipsnya!
Perbesar
Mobil sulit distarter saat momen lebaran? Berikut tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, saat kendaraan tidak bisa dihidupkan akan menjadi sangat menyebalkan. Terlebih bagi si empunya roda empat, yang tidak paham dengan mesin dan cara memperbaikinya.

Namun, perlu diketahui, cara kerja starter mobil pada dasarnya dengan menggunakan tenaga listrik dari aki mobil untuk menghidupkan dinamo starter. Dinamo akan memutar poros engkol mesin. Tentunya, jika dinamo starter tak berfungsi maka sangat menyulitkan.

Mengutip laman resmi Daihatsu Indonesia, pertama coba ingat apakah kita terlalu memaksakan dinamo bekerja?

Jika iya, maka itu bisa menjadi penyebab rusaknya starter. Sebab terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala, bisa membuat dinamo panas.

Kondisi panas itu berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya. Berilah waktu dinamo sampai dingin beberapa menit, kemudian coba kembali.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hal lain

Hal lain yang bisa menjadi alasan dinamo starter tak berfungsi adalah karena habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter. Tanda-tandanya adalah, putaran dinamo yang melemah dan muncul suara-suara aneh saat distarter.

Penyebab lainnya, mungin ada masalah pada bagian aki mobil. Masalah itu disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil. Ceklah bagian aki mobil secara berkala supaya hal-hal seperti itu tak terjadi.


Infografis Tips Aman Naik Ojek Online Saat Pandemi

Infografis Tips Aman Naik Ojek Online Saat Pandemi. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Tips Aman Naik Ojek Online Saat Pandemi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya