Sukses

Paten Teknologi Terkuak, Yamaha T-Max Bakal Dibekali dengan Fitur Hybrid

Yamaha terus melakukan pengembangan terhadap model andalannya, T-Max yang masuk dalam segmen skutik premium. Kini, mereka akan menyematkan fitur hybrid pada motor tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha terus melakukan pengembangan terkait teknologi yang mereka sematkan pada skutik gambot terbaru miliknya. Berdasarkan laporan Visordown, produsen dengan logo garpu tala ini kedapatan tengah mematenkan sebuah desain skutik baru yang disinyalir adalah model T-Max terbaru dengan fitur hybrid.

Melalui paten tersebut, diketahui Yamaha akan menghadirkan inovasi lewat sistem hybrid yang nantinya bakal dikawinkan dengan beberapa komponen pada komponen model barunya.

Mereka kabarnya akan menyelaraskan antara teknologi hybrid dengan crank atau engkol. Sehingga, dengan sistem kerja barunya tersebut akan membuat hubungan langsung antara mesin konvensional Internal Combustion Engine (ICE) dan motor listrik dapat saling menguntungkan.

Salah satu keuntungan dari konfigurasi antara ICE dengan motor listrik yang dipasang bersamaan, diklaim akan menjadi lebih maksimal sehingga dengan begitu sistem transmisi konvensional motor dapat digunakan untuk membantu menjaga pengembangan sepeda seefektif mungkin dari segi biaya.

Tidak hanya itu, dengan teknologi baru yang mengawinkan antara mesin konvensional dan hybrid akan memberikan torsi serta tenaga yang lebih konsisten untuk semua rentang putaran mesin.

Mereka pun memiliki alasan mengapa paten tersebut disematkan pada Yamaha T-Max. Salah satu alasannya adalah skutik ini memiliki ruang kompartemen yang luas di bagian bawah jok dan dengan mudah dapat menempatkan baterai di bagian tersebut.

Dengan begitu, mereka tidak lagi direpotkan mengenai studi di mana mereka harus menempatkan baterai sebagai sumber daya untuk fitur hybrid. Tentunya, ini menjadi sebuah nilai tambah dalam hal kepraktisan.

Sementara patennya sudah tercium secara luas, namun, Yamaha, masih enggan membuka suara terkait kabar ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi Yamaha Fazzio

Skuter matik (skutik) terbaru PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Fazzio Hybrid Connected dilengkapi teknologi terbaru Blue Core Hybrid. Jenama berlambang garpu tala ini, mengklaim fitur tersebut mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga serta ramah lingkungan dengan efisiensi lebih baik.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM menjelaskan, teknologi ini generasi terbaru dari blue core sebelumnya. Dikombinasikan dengan desain baru dan fitur anyar lainnya juga, sangat cocok diterapkan untuk produk baru.

"Teknologi ini bekerja secara simultan dengan mesin, dengan electric power assist start ini mendorong saat tarikan awal atau bekerja pada tiga detik pertama saat ngegas," jelas Anton saat ditemui di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Lanjut Anton, meskipun menggunakan teknologi blue core hybrid, motor ini tetap hanya menggunakan baterai atau aki standar bawaan.

"Setelah tiga detik, dorongan ini diputus (cut off). Teknologi ini juga bekerja dengan RPM di bawah 5.500," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.