Sukses

Cara Bridgestone Indonesia Manfaatkan Daur Ulang Sampah untuk Menjaga Lingkungan

Sebagai salah satu produsen ban besar di Tanah Air, tidak hanya soal berjualan si karet bundar, PT Bridgestone Tire Indonesia juga menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu produsen ban besar di Tanah Air, tidak hanya soal berjualan si karet bundar, PT Bridgestone Tire Indonesia juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Melalui kerjasama dengan Sekolah Sampah Nusantara di bawah binaan Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan, berusaha untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah.

Melalui webninar bertajuk Mendaur Kreatifitas dan mendulang Emas, yang diselenggarakan pada 23 Desember 2021 hingga 19 Januari 2022, dan puncaknya dilaksanakan pada 23 Februari 2022 berdekatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional.

Selain untuk meningkatkan pola pikir dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mengelola sampah dengan baik, kegiatan ini bertujuan memberikan informasi mengenai berbagai teknologi daur ulang serta berbagai peluang usaha ekonomi kreatif di balik pengelolaan sampah yang diharapkan dapat pula meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan, menyerap tenaga kerja sambil menjaga kelestarian lingkungan.

"Bridgestone sangat antusisas dapat menjadi bagian dalam kegiatan ini karena kami mendukung pentingnya edukasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang teknologi daur ulang dan peluang usaha di balik pengelolaan sampah guna mendukung terciptanya ekonomi berkelanjutan (circular economy)," ujar Yunus Triyonggo, HRGA Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, jumat (25/2/2022).

Kegiatan Webinar Nasional ini sejalan dengan komitmen Bridgestone untuk terus berupaya mendukung masyarakat dalam meningkatkan cara orang untuk hidup, belajar, dan bekerja.

Bridgestone antusias untuk terus ikut serta dalam program terkait ekonomi berkelanjutan dalam rangka menjaga keberlangsungan lingkungan tempat kita tinggal untuk generasi selanjutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi Sampah Plastik, Bridgestone Gunakan Label Baru

Sebelumnya, pada 2020 lalu, PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) secara resmi memperkenalkan label ban baru dengan tampilan yang lebih ringkas. Memiliki ukuran 40 persen lebih kecil, label ini diklaim mampu mengurangi sampah plastik.

“Mengingat penggunaan label ban masih diharuskan di pasar Indonesia, kami membuat desain yang lebih ringkas dan menarik. Ukuran label yang lebih kecil, merupakan bentuk turut serta kami dalam program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik,” kata Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, saat itu.

Berdasarkan angka penjualan rata-rata tahunan Bridgestone di Indonesia, ukuran label terbaru diperkirakan mampu mengurangi 7-ton sampah plastik setiap tahunnya.

“Inisiatif ini tentunya sejalan dengan misi CSR Global Bridgestone. Ini merupakan komitmen nyata Bridgestone untuk selalu menyumbang masyarakat dengan mutu tertinggi serta membantu memastikan lingkungan yang sehat bagi generasi kini dan mendatang”, ujar Mukiat.

3 dari 3 halaman

Infografis Perang Dunia Ketiga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.