Sukses

Tips Modifikasi Ban Motor Skutik yang Aman dan Nyaman

Melakukan modifikasi motor kesayangan, memang tidak ada batasnya. Mulai dari ubahan yang sederhana, hingga yang ekstrim

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan modifikasi motor kesayangan, memang tidak ada batasnya. Mulai dari ubahan yang sederhana, hingga yang ekstrim.

Namun, banyak dari pengguna motor atau skuter matik (skutik) yang selalu mengganti bagian kaki-kaki, baik itu ban atau pelek. Alasannya, agar lebih nyaman saat digunakan ataupun meningkatkan tampilan kuda besi agar lebih keren dan enak dilihat.

Saat memodifikasi kaki-kaki pada motor perlu diperhatikan ukuran standar roda motor skutik yang identik dengan ukuran yang kecil mulai dari 12 inci, 13 inci, dan 14 inci.

Agar pengendara tetap nyaman dan aman saat di jalan raya, ketika memodifikasi ban dapat menggunakan rumus paling umu, yaitu plus dua tingkat dari ukuran standar. Ban standar skutik, adalah 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci.

Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan sepatbor.

"Jika ingin merubah dengan ukuran yang lebih besar atau kecil silahkan saja, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti saat ingin ikut ajang modifikasi, modifikasi ban motor bisa dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing. Contoh mengganti dengan ukuran ban lebih kecil seperti ban sepeda diperbolehkan namun tidak disarankan karena tidak safety riding," ujar Fajar Afriansyah selaku trainer YRA Safety Riding.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai tambahan aksesoris

Lanjutnya, melakukan modifikasi untuk kontes modifikasi, memang hanya untuk kepentingan lomba bukan untuk dikendarai di jalan raya karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Agar tampilan ban motor tampak makin keren bisa menggunakan beragam aksesori di side wall atau dengan pengganti pentil standar. Penggunaan aksesori motor yang dimodifikasi tidak ada masalah, selama tidak mengganggu keselamatan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.