Brabus Bikin Hypernaked Sangar Berbasis KTM 1290 Super Duke R Evo

Oleh Liputan6.com pada 20 Feb 2022, 10:08 WIB
Diperbarui 20 Feb 2022, 10:08 WIB
Brabus
Perbesar
Brabus 1300 R berbasis KTM 1290 Super Duke R Evo. (Ride Apart)

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Brabus berkolaborasi dengan KTM, pabrikan sepeda motor asal Austria. Tuner otomotif berperforma tinggi asal Jerman itu memodifikasi KTM 1290 Super Duke R Evo menjadi Hypernaked berjuluk Brabus 1300 R.

Proyek ini sebetulnya sudah diketahui publik sejak Desember 2021. Saat itu memang baru sebatas analisa yang digali oleh salah satu media Inggris. Bermula dari dokumen yang diajukan ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) dengan merek dagang Brabus 1300 R. Dan pada akhirnya Jumat (11/2) pekan lalu ia resmi dirilis.

Seperti yang diharapkan dari dokumen persetujuan, tipe asli Brabus 1300 R didasarkan pada KTM 1290 Super Duke R Evo. Mesinnya identik, bertenaga 180 PS (177 bhp) dan torsi 103 pound-feet (179 Nm).

Meski begitu versi Brabus memiliki asupan udara baru di kedua sisi tangki, knalpot bertumpuk dengan lapisan keramik hitam untuk mencerminkan beberapa desain yang digunakan pada mobil.

Rangka, tangki bahan bakar baja 4,2 galon, dan lengan ayun satu sisi, semuanya berbagi dengan Super Duke R. Subframe, cowl, intake samping terbuat dari karbon.

Footpeg dapat disesuaikan menjadi 12 posisi serta tuas yang dapat disetel hanyalah beberapa bagian khas pada 1300 R. Rodanya merupakan desain palang sembilan Monoblock Z yang dibuat khusus. Sesuai dengan karakter yang biasa digunakan pada banyak mobil garapan Brabus.

Bahan dan motif joknya juga mengambil inspirasi dari mobil. Tersedia dalam warna merah dan hitam. Dilapisi kulit kualitas terbaik, sama seperti kursi di Mercedes Brabus.

Di atas tangki ada panel karbon lain, membawa lencana bernomor untuk setiap unit. Posisi spion model bar end dapat disesuaikan dan dipasang klem rangkap tiga paduan billet.

Perbedaan visual dengan Super Duke R Evo yakni bagian hidungnya. Penutup karbon di atas lampu depan bundar meminjam dari produk Husqvarna dan dihiasi dengan lencana Brabus lainnya.

Itu diapit oleh asupan udara karbon yang muncul dari sisi tangki, memberikan tampilan yang sangat berbeda dari Super Duke R. Sementara setang berprofil rendah dan dapat diatur posisinya.

Berbeda dengan Super Duke R Evo, panel TFT di area kokpit memiliki ciri khas Brabus. Ia mendapat layar splash baru saat start-up untuk menunjukkan logo Brabus. Pengendara juga dapat memilih mode suspensi, mesin, mode berkendara, dan pengaturan lainnya dari sini.

Buat perangkat elektronik lain ada traction control, engine-brake control, cruise control, switchable Supermoto ABS, keyless start, self-canceling turn signals, tire pressure monitors dan berbagai mode berkendara (Rain, Street, Sport, Track, dan Performance).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kolaborasi Perdana Bareng KTM

Brabus 1300 R juga memakai suspensi WP Apex SAT semi-aktif dengan fitur Suspension Pro. Mampu menambahkan kemampuan untuk mengontrol ketinggian pengendara dari dasbor TFT, memilih pengaturan rendah, standar, atau tinggi.

Sistem ini juga mengkompensasi beban, secara otomatis menyesuaikan preload belakang untuk kembali ke ketinggian yang benar setelah bobot ditambahkan.

Suspension Pro juga mempunyai pengaturan suspensi ekstra, dengan mode Track, Auto, dan Advanced. Advanced menawarkan delapan tahap redaman untuk setiap ujungnya, semua dikendalikan oleh pengendara melalui dasbor.

Brabus 1300 R diproduksi secara terbatas, hanya 154 unit. Masing-masing 77 unit dalam pilihan warna Magma Red dan Signature Black.

Kenapa angka 77? Sebab pada 1977 Brabus resmi didirikan sebagai perusahaan tuning yang berfokus pada mobil Mercedes.

Dan hasil kolaborasi dengan KTM ini menandai pertama kalinya tuner asal Jerman menerapkan keahlian kustomisasinya ke sepeda motor.

Status Brabus 1300 R saat ini sudah sold out. Dan ini merupakan capaian ketiga KTM di arena sepeda motor edisi terbatas. Sebelumnya perusahaan dari Austria menawarkan mesin track-only RC 8C dan 1290 Super Duke RR.

Keduanya membawa label harga yang sangat mahal. Khusus untuk 1290 Super Duke RR terjual 500 unit hanya dalam 48 menit. Sedangkan 100 unit RC 8C ludes kurang dari lima menit setelah buku pesanan dibuka.

Praorder Brabus 1300 R memang sudah terjual habis. Namun bagi yang ingin memilikinya tak perlu khawatir. Pihaknya menyediakan daftar waiting list secara eksklusif melalui portal pre-order online KTM.

Kemudian calon konsumen diminta untuk membayar uang muka sebesar 3000 Euro (Rp 48 jutaan). Perihal harganya, Brabus 1300 R dibanderol € 51 466,65 atau Rp 833 jutaan.

Sumber: Oto.com


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya