Sukses

BMW M 1000 RR, Mainan Baru Orang Kaya Indonesia Senilai Rp1,6 Miliar

BMW Motorrad resmi menghadirkan motor sport terbarunya, M 1000 RR

Liputan6.com, Jakarta - BMW Motorrad resmi menghadirkan motor sport terbarunya, M 1000 RR. Model ini, dikatakan menjadi maha karya terbaik para insinyur pabrikan Jerman divisi roda dua tersebut.

Roda dua ini hadir dengan fokus terhadap performa, yang dalam pengembangannya menyerupai motor dengan spesifikasi balap.

"Model M RR atau M 1000 RR memiliki tenaga dan torsi puncak yang lebih besar dibandingkan model S 1000 RR pendahulunya, menjadikan motor ini sebagai rare item bagi pemilik yang mendambakan eksklusifitas dan individualitas," tulis BMW Motorrad dalam keterangan resminya, ditulis Jumat (18/2/2022).

Motor ini, dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, Rp1,6 miliar off the road. Secara tampilan, BMW M 1000 RR ini mengadopsi motor superbike dengan spesifikasi mesin yang serupa yang digunakan di ajang WorldSBK dan BSB.

Penggunaan material karbon di beberapa komponen, ditambah dengan sayap atau winglet di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap di motor ini. Model ini dibekali dengan mesin berbasis versi RR, empat silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam.

Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm.

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston 2-ring terbaru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5 dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sasis

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

BMW M 1000 RR mendapatkan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka di bagian tengahnya terbuat dari aluminium. Sasis ini begitu serasi dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya. Sedangkan di belakang, suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro.

Perhatian khusus diberikan untuk sistem pengereman dengan rancangan divisi M. Kaliper rem M memiliki lapisan anodisasi biru yang dikombinasikan dengan logo M.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Isi Tas Siaga Covid-19 Saat Siswa Ikut PTM Terbatas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.