Sukses

Toyota Patenkan Teknologi Transmisi Manual untuk Mobil Listrik

Sebagai pabrikan otomotif terbesar di dunia, Toyota, justru kembali menggebrak dunia otomotif dengan paten baru di mana mereka akan menanamkan tranmsisi manual pada mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Bicara mengenai teknologi pada mobil listrik, para produsen otomotif memang telah menyematkan beberapa fitur unggulan untuk membuat pengemudinya merasa nyaman dalam berkendara.

Tidak cukup sampai di situ, sebagai pabrikan otomotif terbesar di dunia, Toyota, justru kembali menggebrak dunia otomotif dengan paten baru di mana mereka akan menanamkan tranmisi manual untuk mobil listrik.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pengguna forum BZForum, di mana ia menemukan informasi paten baru yang tengah diajukan oleh Toyota ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Paten tersebut diajukan pada Juni 2021 dan baru diterbitkan beberapa hari lalu.

Tentunya, paten tersebut sangat kontradiktif dengan teknologi yang ada di mobil listrik. Meskipun Porsche Taycan listrik diklaim memiliki tranmsisi dua percepatan, namun hal tersebut dibedakan untuk membagikan tingkat torsi tertentu untuk membuat akselerasi menjadi lebih halus.

Sederhananya, paten Toyota mengenai transmisi manual untuk mobil listrik ini adalah sebuah simulasi gearbox yang difungsikan melalui perangkat lunak.

Adapun alasan mereka dalam penyematan teknologi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesenangan berkendara.

Landasan awalnya adalah melalui software ini, teknologi tersebut dapat mensimulasikan nuansa peningkatan akselerasi bertahap per gigi, serta keterlibatan kopling dan tuas persneling.

Dengan menggunakan transmisi manual terkadang dapat menjadi hambatan, terutama dalam lalu lintas, sehingga paten selanjutnya menyarankan bahwa melalui dial dapat dipasang dan dapat beralih dari model EV ke mode konvensional.

Namun, inovasi tersebut tetap dinilai tidak akan memberikan dampak yang begitu terasa oleh para pemerhati otomotif.

Pasalnya, kenikmatan berkendara melalui transmisi manual dengan versi yang dipatenkan oleh Toyota akan menghadirkan esensi yang berbeda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota Mulai Ekspor Mobil ke Australia

Industri otomotif terus menggeliat di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini. Pencapaian terbaru, ditandai dengan keberhasilan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang melakukan ekspor Toyota Fortuner untuk pertama kalinya ke Australia.

Acara pelepasan, dan juga menandai produksi ekspor mobil ke dua (2) juta unit Toyota Indonesia ini, dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (15/2/2022).

Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada PT TMMIN karena produknya berupa Toyota Fortuner berhasil tembus ke pasar Australia.

Keberhasilan ini juga didukung dari sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor, khususnya dalam memproduksi mobil.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.