Sukses

Honda Mobilio Tak Muncul dari Data Gaikindo, Begini Penjelasan HPM

Ada yang berbeda dari data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Nama Honda Mobilio tak muncul dari tabel wholesales maupun produksi di Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dari data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Nama Honda Mobilio tak muncul dari tabel wholesales maupun produksi di Januari 2022. Ada apa ini?

Mengkonfirmasi soal Honda Mobilio tak muncul di Gaikindo, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy angkat bicara.

Dirinya membantah jika Low MPV tersebut disuntik mati, namun pihaknya memprioritaskan produksi dari model yang demand-nya tinggi sehingga Mobilio terkena imbasnya.

"Tidak sama sekali (setop produksi), bulan depan kita ada rencana memproduksi lagi. Saat ini pasokan komponen produksi kami masih terbatas, 1 sampai 2 bulan kami memprioritaskan untuk model yang orderannya tinggi seperti Honda Brio, di mana komponen yang terbatas itu sama dengan Honda Mobilio," jelas Billy, saat dihubungi OTO.com, Selasa (15/2/2022).

Di laman resmi Honda memang masih menawarkan Mobilio. Ada 5 varian dengan rentang harga Rp 197 juta sampai Rp 250 juta.

Ia termasuk dalam segmen yang lumayan gemuk yaitu LMPV. Persaingan cukup ketat dengan hadirnya Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, atau Wuling Confero.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segera Kembali Diproduksi

Mobilio direncanakan masuk dapur produksi lagi bulan depan, tapi terkait pemenuhannya akan dilakukan secara bertahap.

Apalagi, informasinya mobil tersebut sudah diajukan HPM ke pemerintah sebagai model yang harapannya bisa menikmati relaksasi perpanjangan diskon PPnBM.

"Saat ini demand untuk Mobilio masih ada dan kami berencana untuk kembali memproduksi Mobilio di bulan depan," tambah dia.

Tak salah memang jika HPM memprioritaskan produksi dari Honda Brio dan menumbalkan produksi dari Mobilio. Data menunjukkan angka wholesales dari Brio di bulan Januari menyentuh 4.389 unit yang mana 1.000 unit untuk model city car Brio RS dan sisanya untuk LCGC Brio Satya.

Ini sebagai strategi menyeimbangkan antara demand dan suplai dari Brio. Kendati demikian, menurut Public Relations & Digital Manager PT HPM, Yulian Karfili sampai saat ini permintaan dan kebutuhan akan Mobilio masih ada di pasar domestik serta stok di jaringan diler masih bisa memenuhinya.

"Tapi memang wholesales dari Mobilio terdampak pada manajemen produksi kita untuk memberikan prioritas pada produk yang demand-nya sangat tinggi, seperti Honda Brio dan all new BR-V yang indennya sampai 3 bulan," katanya di bincang virtual, Selasa (15/2/2022).

 

3 dari 4 halaman

Penyegaran Mobilio?

Saat ditanya soal peluang kapan Honda Mobilio mendapat penyegaran, Karfili enggan menjawab secara spesifik. Menurutnya, strategi peluncuran produk selalu mengikuti tren pasar, saat ini mobil SUV-lah yang sedang naik daun dan rasanya, terkait kemungkinan Mobilio akan kedapatan versi terbaru masih cukup jauh.

“Untuk Mobilio kami masih produksi dan pasarkan sampai sekarang. Strategi produk itu kan selalu mengikuti tren dan demand dari konsumen, kita melihat saat ini pasar yang sedang tumbuh adalah SUV. Jadi kita fokus ke sana, tapi Mobilio pasarnya masih ada kita juga masih menjual," imbuhnya.

Adapun, all new Honda BR-V yang diposisikan sebagai produk SUV menjadi model terlaris kedua per Januari 2022 dari seluruh line-up mobil Honda di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, total wholesales dari mobil ini mencatatkan angka 3.257 unit.

"Dengan kondisi market dan produksi yang belum stabil ketika kita melakukan penyegaran untuk suatu produk kita harus melakukan produksi dan persiapan. Saat ini kita prioritaskan pada produk yang demand-nya tinggi, maka dari itu Honda lebih fokus pada segmen SUV,” tambah dia.

Berikut daftar harga Honda Mobilio:

• Honda Mobilio S M/T: Rp 197,6 juta

• Honda Mobilio E M/T: Rp 217,2 juta

• Honda Mobilio E CVT: Rp 227,4 juta

• Honda Mobilio RS M/T: Rp 239,8 juta

• Honda Mobilio RS CVT: Rp 250 juta

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.