Perdana, Toyota Indonesia Ekspor Fortuner ke Australia

Oleh Arief Aszhari pada 15 Feb 2022, 15:14 WIB
Diperbarui 15 Feb 2022, 15:27 WIB
Toyota Resmi Ekspor Fortuner ke Australia untuk Pertama Kali (Ist)
Perbesar
Toyota Resmi Ekspor Fortuner ke Australia untuk Pertama Kali (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif terus menggeliat di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini. Pencapaian terbaru, ditandai dengan keberhasilan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang melakukan ekspor Toyota Fortuner untuk pertama kalinya ke Australia.

Acara pelepasan, dan juga menandai produksi ekspor mobil ke dua (2) juta unit Toyota Indonesia ini, dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (15/2/2022).

Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada PT TMMIN karena produknya berupa Toyota Fortuner berhasil tembus ke pasar Australia.

Keberhasilan ini juga didukung dari sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor, khususnya dalam memproduksi mobil.

"Sebab, harus sangat teliti, cermat, dan hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini, juga mengapresiasi upaya Menteri Perindustrian dalam terus mendorong ekspor mobil hingga mencapai 80-an negara di empat benua.

"Yang saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN sudah lebih dari 75 persen. Artinya, banyak komponen atau spare part, dan juga aksesoris-aksesoris yang ada di dalam mobil itu disuplai dari industri-industri UKM kita. Ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil, yang ada di negara kita,"

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apresiasi Menperin

Dalam kesempatan yang sama, Menperin Agus Gumiwang menyebutkan, sama halnya dengan ekspor ke Jepang, ekspor produk mobil ke Australia terkenal memiliki spesifikasi yang ketat, misalnya terkait spesifikasi bahan bakar, emisi, dan keamanan, menandakan industri otomotif Indonesia telah memiliki daya saing yang tinggi, sehingga produknya diminati di berbagai pasar mancanegara.

"Dengan demikian, setelah menembus pasar Australia, Indonesia sudah ekspor ke empat benua di dunia, yaitu Amerika, Afrika, Asia, Australia," tegas Agus.

Menperin pun memberikan apresiasi kepada PT TMIIN yang akan menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor dari semua produk-produknya dengan teknologi dan standar tinggi.

"Selain itu, Toyota Indonesia juga telah menyampaikan komitmennya untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi, yang akan diawali dengan produksi Kijang hybrid. Tentunya kami akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni,” tandasnya.

 

.


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya