Sukses

Begini Cara Membedakan Pelek Asli dengan Replika

Pelek menjadi salah satu alternatif mudah bagi pemilik mobil untuk mengubah tampilan kendaraan agar lebih keren

Liputan6.com, Jakarta - Menggani pelek menjadi salah satu alternatif mudah bagi pemilik mobil untuk mengubah tampilan kendaraan agar lebih keren. Bahkan, kini sudah banyak beragam pelek yang ditawarkan di pasaran, mulai dari yang orisinal atau ori, replika atau TW.

Untuk menghemat pengeluaran, pilihan pelek replika atau TW biasanya paling banyak diburu oleh modifikator. Lalu, bagaimana cara membedakan pelek ori dengan replika?

Pelek replika merupakan pelek yang diproduksi semirip mungkin dengan pelek aslinya, mulai dari model, logo, hingga nama produknya sendiri.

Sedangkan pelek TW adalah penyebutan lain dari replika, artinya sama, yaitu pelek yang diduplikasi. Kata TW sendiri merupakan singkatan dari Taiwan, di mana negara tersebut memang dikenal sebagai negara pembuat pelek replika.

Sedangkan pelek orisinal adalah pelek yang dari sisi desain, nama, logo dibuat oleh merek itu sendiri. Tidak ada unsur duplikasi karena hasil desain dan produksi tim internal masing- masing. Build quality-nya juga tentu lebih terjamin.

Dijelaskan Direktur Marketing HSR Wheel, Hendra Wijaya, komponen yang menyangkut keamanan berkendara ada baiknya jangan diganti asal-asalan.

Walaupun setelah itu mobil akan tampil keren, tetap saja percuma jika mengorbankan sisi keamanan. Bahkan hal tersebut akan membuat kerugian yang lebih besar untuk ke depannya.

"Pelek itu salah satu komponen yang menunjang keamanan dan keselamatan penumpang di dalam mobil. Makanya proses pembuatan pelek tidak bisa dilakukan sembarangan, semuanya harus diperhitungkan secara matang," Ucap Hendra Wijaya.

"Ada baiknya hindari penggunaan pelek replika yang berisiko. Walaupun aman di kantong, namun belum tentu aman buat diajak nyelonong. Apalagi penggunaan daily use, tetap berhati-hati," Lanjut Hendra.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunjuk Penggiat Modifikator, HSR Tawarkan Pelek Baru

Salah satu produsen pelek lokal, HSR menggandeng penggiat modifikasi Tanah Air, Haruns Maharbina untuk meluncuran produk terbaru, HRN Series. Model ini, hadir dengan desain heritage dengan tampilan klasik dengan spoke mesh di bagian muka.

"Untuk HRN-MH ini saya bentuk dengan tidak menambahkan banyak lekukan yang mencolok sehingga tampil simple dan ini timeless," ujar Haruns.

Model spoke HRN-MH ini dibentuk deep concave atau cekung ke dalam, sehingga offset pelek menjadi minus. Diberi tambahan outer lips yang dibentuk lebar membuat pelek ini tampil lebih agresif dan tidak meninggalkan gaya klasiknya.

HRN MH punya bentuk palang mesh yang memanjang hingga bibir pelek, dengan floating spokes style membuat dimensi pelek jadi kelihatan lebar. Pelek ini diberi sentuhan akhir bergaya brushed sehingga tampilannya terkesan lebih berani.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini