Sukses

Berkah PPnBM, Pembiayaan Mobil dan Motor Adira Finance Melesat pada 2021

Adira Finance yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 62,8 persen dibanding tahun sebelumnya atau 2020

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil pada 2021 mengalami pertumbuhan yang cukup positif, berkat relaksasi Pajak Penjualan atas Barang mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP).

Tidak hanya menguntungkan bagi para pabrikan roda empat Tanah Air, tapi juga industri pendukung lainnya, seperti lembaga pembiayaan.

Salah satunya, adalah Adira Finance yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 62,8 persen dibanding 2020. Secara angka, pembiayaan kendaraan tersebut mencapai Rp6,7 triliun.

"Tahun lalu meski masih pandemi, daya beli masyarakat mulai membaik, apalagi dengan adanya insentif pajak kendaraan yang membuat permintaan kendaraan naik," ujar Harry Latif, Direktur Portofolio Adira Finance, saat bertemu media, di Jakarta, jumat (28/1/2022).

Sementara itu, untuk pembiayaan mobil bekas mengalami kenaikan sebesar 37,5 persen atau sebesar Rp3,8 triliun.

Dari segi pembiayaan roda dua, Adira mencatat pertumbuhan sebesar 12,7% (Rp 1,7 triliun). Sedangkan motor bekas, tumbuh 34,8 persen atau sebesar Rp9,4 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target 2022

Sementara itu, untuk target 2022, Adira Finance juga berharap untuk bisa meningkatkan jumlah pembiayaan kendaraan. Faktor tersebut, didukung dengan langkah pemerintah yang telah mengeluarkan keputusan, terkait perpanjangan PPnBM-DTP.

"Seharusnya, ini bisa jadi stimulus juga buat kita. Jadi, nanti pada Februari kita IIMS, mestinya akan ada gairah juga untuk bisa beli motor atau mobil, khususnya di IIMS 2022," tegasnya.

Berbicara detail pembiayaan kendaraan pada 2022, ini Adira Finance prediksi angkanya akan mendekati sebelum pandemi atau pada 2019.

"Kita juga pasti akan mengikuti pasar juga, dan pada 2022 kita prediksi mendekat normal. Jadi, kita targetkan di atas 30 persen," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.