Mercedes-Benz Indonesia Akan Perkenalkan 10 Model Baru pada 2022, Ada Mobil Listrik

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 28 Jan 2022, 19:07 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 19:07 WIB
Mercedes-Benz EQS
Perbesar
Mercedes-Benz EQS. (Dok. Mercedes-Benz Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes-Benz Indonesia mempertahankan posisinya sebagai merek mobil mewah pilihan di Indonesia pada 2021, di tengah pandemi COVID-19. Sejumlah hal berbeda dilakukan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia selama pandemi berlangsung untuk mempertahankan posisi tersebut.

Menurut Choi Duk Jun, President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, pada 2020 Mercedes-Benz adalah pemimpin pasar di segmen otomotif premium dan salah satu pelopor digitalisasi aktivasi pemasaran. Salah satunya dengan memulai Mercedes-Benz Virtual Expo yang pertama atau mengadopsi konsep hybrid, virtual-offline untuk acara pemasaran dan penjualan kami.

"Pada April 2021, kami memperkenalkan Mercedes-Benz Virtual Showroom, portal daring Mercedes-Benz untuk menemukan mobil Mercedes-Benz impian dan ketersediaannya secara real-time, tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu," ujar Choi di Jakarta, ditulis Jumat (28/1/2022).

Mercedes-Benz, sambungnya, terus menghadirkan acara eksperiensial seperti; Mercedes-AMG Track Day 2021 yang digelar untuk pertama kalinya di Indonesia. Acara onsite seperti Star Expo dan Star Drive 2021 juga tetap bisa dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat, mengacu pada aturan dan ketentuan pemerintah daerah yang berlaku selama masa pandemi. 

Menurutnya, tim Mercedes-Benz Indonesia yang tetap sehat selama masa pandemi juga menjadi kunci kelangsungan operasional pada 2021. Tidak hanya itu, karyawan juga berhasil merencanakan acara offline dengan lingkungan yang sangat dinamis seperti Star Drive, Star Expo, keseruan AMG Track Day, serta MercedesTrophy dengan 7 babak kualifikasi, MercedesTrophy Indonesia Final dan Mercedes-Benz Luxury Golf Experience di Bali.

"Keberhasilan kami berasal dari fondasi yang sangat kokoh. Kami tumbuh perlahan tapi pasti; dengan tim yang kuat dan strategi yang tepat, kami dapat pulih di tahun 2021 dari kesulitan di tengah pandemi. Kami memastikan bahwa fondasi ini ditegakkan selama pandemi, dengan mempertahankan pengiriman terbaik kepada pelanggan kami dan mengadakan rangkaian acara secara virtual, sehingga pelanggan dan calon pelanggan kami tidak akan melewatkan hal baru dari Mercedes-Benz. Selain itu, kami diberkati dengan karyawan kami yang selalu sehat dan membawa perjalanan yang sukses sepanjang tahun," kata Choi.

Mercedes-Benz memiliki sejarah panjang di Indonesia. Pada 1894, kendaraan bermotor pertama yang dikemudikan di pulau Jawa adalah Benz Victoria Phaeton milik Sultan Solo, Pakoe Boewono X. Sejak saat itu, Mercedes-Benz menjadi merek otomotif mewah terkemuka di Indonesia.

Didirikan oleh Karl Benz dan Gottlieb Daimler, Mercedes-Benz merupakan sebuah tekad untuk membebaskan dunia dari transportasi bertenaga kuda. Sebuah tekad yang telah berhasil tumbuh menjadi merek mewah yang mendunia.

Pada 2020, kisah sukses Mercedes-Benz berlanjut dengan ulang tahun ke-50 pabrik perakitan lokal dan unit bisnis Mercedes-Benz Indonesia. Sebagai pelopor mobilitas di Indonesia, Mercedes-Benz telah mencapai banyak tonggak sejarah selama lebih dari 50 tahun hadir di tanah air. 

Sebagai simbol kontribusi mobilitas di Indonesia, Mercedes-Benz menyumbangkan replika mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen (Mobil Benz Patent Motor) kepada Museum Nasional Indonesia. Dari tanggal 8 hingga 15 Februari 2020, Benz Patent-Motorwagen ditampilkan dalam pameran temporer "Perjalanan Menuju 50 Tahun Kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia" di Museum Nasional Indonesia. Saat ini, mobil pertama di dunia dapat dilihat oleh pengujung di lantai 2 museum. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


10 Model Baru pada 2022

Mercedes-Benz All New C-Class. (Dok. Mercedes-Benz Indonesia)
Perbesar
Mercedes-Benz All New C-Class. (Dok. Mercedes-Benz Indonesia)

Pada 2021 Mercedes-Benz Indonesia sukses menjual model-model teratas Mercedes-Benz seperti G-Class, dan model Mercedes-AMG. Mercedes-AMG mendapat dorongan besar karena Mercedes-Benz Indonesia kini merakit Sedan Mercedes-AMG A 35 dan GLA 35 secara lokal.

Mercedes-Benz Indonesia akan memperkenalkan model Maybach untuk memenuhi keinginan pelanggan Mercedes-Benz Indonesia pada 2022.

Mercedes-Benz Indonesia berharap untuk dapat meningkatkan penawaran produk dan layanannya kepada pelanggan pada 2022. Untuk itu, Mercedes-Benz Indonesia berencana untuk memperkenalkan 10 model baru pada 2022 dari berbagai segmen termasuk sedan dan SUV.

Salah satu peluncuran utama adalah All-New C-Class. Pada 2022, Mercedes-Benz Indonesia juga akan memperkenalkan mobil listrik Mercedes-Benz all-electric pertama di Indonesia, All-New Mercedes EQS.

"Kami optimis dapat memperluas rangkaian produk baru kami. Pada tahun lalu, kami berhasil menghadirkan model SUV baru yang menjadikannya kisaran paling aktual di segmen mewah, sementara di tahun 2022 kami akan memperbarui jajaran sedan kami dengan All-New C-Class dan model baru yang menarik yaitu Mercedes-Benz all-electric pertama yang akan segera tersedia di Indonesia, All-New Mercedes EQS. Tahun lalu kami telah memperkenalkan A-Class, E-Class baru dan S-Class baru yang dirakit secara lokal," ungkap Choi Duk Jun.


1970: Berdirinya Mercedes-Benz di Indonesia

Mercedes-Benz 200 W123
Perbesar
Mercedes-Benz 200 W123 untuk Wakil Duta Besar Jerman untuk Somalia (Foto: mercedes-benz.com)

Pada 8 Oktober 1970, PT Star Motors Indonesia – bentuk kerja sama antara Daimler-Benz AG dan PT Gading Mas – didirikan sebagai agen tunggal produk Daimler-Benz di Indonesia. Pada tahun yang sama, pabrik perakitan baru, PT German Motor Manufacturing dibangun untuk memproduksi produk Daimler-Benz. Pada tahun 1971, pabrik di Tanjung Priok, Jakarta, memulai produksi massal kendaraan komersial, Mercedes-Benz 911. Produksi truk juga tidak lama kemudian berkembang menjadi perakitan bus dan mobil penumpang.

Pada tahun 1973, PT German Motor Manufacturing memulai produksi Mercedes-Benz 200, 240 D dan 280 dari seri W 115. Untuk mengakomodir pertumbuhan produksi mobil penumpang dan kendaraan komersial, Mercedes-Benz mulai beroperasi di fasilitas perakitan lokal baru di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat pada tahun 1982. Pabrik Mercedes-Benz Wanaherang adalah di mana PT Mercedes-Benz Indonesia saat ini merakit mobil penumpang secara lokal yaitu A-Class, C-Class, E-Class, S-Class, GLA, GLC, GLE dan GLS; AMG A 35 Sedan & AMG GLA 35.

Selama bertahun-tahun, Mercedes-Benz Indonesia telah berhasil memproduksi sederet produk unggulan yang menjadi primadona di pasar mobil mewah Indonesia. Namun, memproduksi bukan satu-satunya cara bagaimana Mercedes-Benz menjadi merek mobil impian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mercedes-Benz tumbuh lebih besar dengan komitmen yang kuat untuk memberikan layanan pelanggan terbaik dengan memberikan 5-year StarService, 2-year StarTire, dan ExpressService untuk menjaga performa, handling, dan integritas yang diharapkan pelanggan dari kendaraan mereka. Selain itu, kontrak servis memungkinkan mobilitas percaya diri dengan suku cadang dan tenaga kerja yang sepenuhnya ditanggung hingga 4 tahun.

Tentunya dengan komitmen yang kuat, Mercedes-Benz Indonesia tahun lalu kembali mempertahankan posisi terdepan di antara merek otomotif mewah di Indonesia dan menjadi produsen mobil mewah nomor 1 di Indonesia dengan pencapaian penjualan 2.537 unit mobil penumpang pada tahun 2021, peningkatan sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Terlepas dari tantangan industri otomotif di Indonesia, Mercedes-Benz tetap menjadi pilihan utama konsumen Indonesia di segmen mobil mewah.

 


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya