Tips Berkendara Aman dan Nyaman Selama Musim Hujan

Oleh Arief Aszhari pada 27 Jan 2022, 09:02 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 09:02 WIB
Badai Musim Dingin Diperkirakan Meningkat di California
Perbesar
Kendaraan melintas di tengah hujan di I-680 selatan di Pleasant Hill, California (13/12/2021). Musim dingin tiba lebih awal di California Utara dengan angin, hujan, dan salju yang diperkirakan akan meningkat pada Senin (13/12). (Jose Carlos Fajardo/Bay Area News Group via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Hujan masih turun dengan intensitas sedang hingga tinggi di beberapa wilayah Indonesia. Dengan begitu, saat beraktifitas sehari-hari dengan menggunakan kendaraan, diperlukan persiapan yang lebih ekstra dibanding musim panas atau kemarau.

Persiapan yang dilakukan, antara lain persiapan fisik karena membutuhkan konsentrasi ekstra, kondisi mobil, hingga teknik mengemudi yang baik. Berikut 3 tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan.

Berikut 3 tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan ala Daihatsu:

1) Persiapan Diri

- Sebelum berkendara, pastikan kondisi kesehatan tubuh Anda, karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara.

- Sedia payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki pelindung atap kanopi, sehingga dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

- Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara. Untuk berjaga-jaga, Anda juga dapat menyediakan alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

2. Persiapan kendaraan

- Periksa kondisi ban, jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti. Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

- Cek kondisi karet wiper. Komponen ini sangat penting dalam menyapu air terutama bagian kaca depan demi menjaga visibilitas Anda dalam berkendara. Periksalah komponen ini secara berkala, dan gantilah dengan yang baru di bengkel resmi bila kondisi sudah getas dan sapuannya tidak bersih.

- Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi Anda atau pun pengendara lainnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Selama berkendara

- Nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan akan membantu Anda dan memberi tanda untuk pengendara di sekitar.

- Menjaga jarak, dan kecepatan dengan kendaraan lain agar dapat bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak, terutama ketika menghindari genangan air yang dapat menyebabkan mobil melayang di atas air (aquaplanning).

- Tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain, khususnya di belakang kita yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat, dan berpindah jalur atau berbelok arah.

- Bila harus melewati jalan yang tergenang, jangan panik tetap tenang, pakai gigi rendah dan RPM yang stabil

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya