Bikin Kesal, Begini Cara Mudah Membersihkan Karat di Sepeda Motor Kesayangan

Oleh Arief Aszhari pada 26 Jan 2022, 06:02 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 06:02 WIB
Knalpot motor
Perbesar
Cara hilangkan karat di knalpot motor

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik motor, tampilan bersih dan kinclong kendaraan menjadi sesuatu yang wajib. Namun, masalah yang sering terjadi, adalah munculnya karat di kuda besi kesayangan, dan hal itu pastinya membuat kesal.

Komponen yang sering muncul karat, salah satunya knalpot. Selain itu, terkadang juga muncul di bodi, sehingga mengganggu tampilan.

Berikut, cara mudah untuk membersihkan karat seperti dilansir laman Astra Motor:

Menggunakan Pertamax Plus

Gunakan Pertamax Plus untuk menghilangkan karat di bagian motor. Caranya yaitu campurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Lalu, oleskan campuran ini pada bagian motor yang memiliki karat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi atau sikat kawat.

Menghilangkan Karat dengan Oli Bekas

Cara lain untuk membersihkan karat, adalah dengan menggunakan oli bekas. Langkahnya sangat mudah sekali, hanya perlu mengoleskan oli tersebut secara merata di bagian motor yang berkarat seperti leher knalpot.

Setelah diolesi secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas kurang lebih sekitar 1 atau 2 menit. Dengan bantuan panas, oli akan membantu meluruhkan karat pada motor.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menggunakan Pembersih Keramik

Caranya yaitu, oleskanlah pembersih keramik pada bagian motor yang sudah berkarat, diamkan beberapa saat dan gosoklah dengan sikat hingga karat benar-benar hilang. Tetapi pembersih keramik memiliki dampak kurang baik untuk area mesin. Jadi sebaiknya hindari menggunakan pembersih keramik di area tersebut.

Menghilangkan Karat Pada Motor dengan Stempet

Cara selanjutnya yaitu menggunakan gemuk atau stempet. Gemuk merupakan cairan yang teksturnya sangat kental bahkan seperti gel yang licin. Buat kamu yang sering utak-atik kendaraan pasti tidak asing lagi dengan gemuk ini ya, karena fungsinya yang bisa melumasi suku cadang motor.

Sifatnya yang lengket menjadikan gemuk bisa bertahan lebih lama pada bagian yang dilumasi (jika dibandingkan dengan oli).

Untuk bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, gemuk ini sering digunakan untuk mencegah karat di bagian tersebut. Pada rangka motor yang catnya sudah rusak juga bisa diaplikasikan dengan cairan ini.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan karat. Caranya yaitu oleskan pasta gigi di bagian motor yang berkarat, tunggulah beberapa menit dan gosok dengan kain lap. Cara ini memang memang tidak instan, jadi perlu mencobanya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya