Sukses

Bukan Sekadar Jualan, Kenali Tugas dan Tanggung Jawab Sales Person

Jika Anda datang ke pameran mobil atau ke dealer, pasti tenaga penjual atau sales person siap memberikan Anda informasi seputar produk yang ditawarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda datang ke pameran mobil atau ke dealer, pasti tenaga penjual atau sales person siap memberikan Anda informasi seputar produk yang ditawarkan.

Seseorang yang melakukan kegiatan sales seringkali disebut sebagai sales person. Sales person adalah orang yang berprofesi untuk meningkatkan penjualan produk dengan cara membujuk pelanggan untuk membeli produk di perusahaan tempatnya bekerja.

Sedangkan sales adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Secara umum, pengertian sales adalah pekerjaan untuk menjual suatu produk atau mempromosikan barang dengan argumen dan deskripsi yang jelas.

Seorang sales person haruslah memiliki kemampuan public speaking dengan baik dan memiliki pengetahuan tinggi dengan produk yang dijualnya. Sehingga, mampu menarik konsumen untuk bisa membeli atau setidaknya tertarik dengan produk yang dijual.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian sales menurut para ahli beserta fungsi, tugas, dan tipe-tipenya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Sales Menurut Para Ahli

Berikut ini ada sejumlah pendapat mengenai pengertian sales menurut para ahli, antara lain:

Philip Kotler

Sales adalah proses sosial manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang merek butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

William G. Nickels

Sales adalah proses di mana sang penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi sang penjual maupun sang pembeli yang berkelanjutan dan menguntungkan kedua belah pihak.

Sofjan Assauri

Sales adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk mmenuhi atau memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

Winardi

Sales adalah proses di mana sang penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi sang penjual maupun sang pembeli agar dicapai manfaat baik bagi sang penjual maupun sang pembeli.

3 dari 5 halaman

Fungsi Sales

Ada beberapa fungsi sales dalam perusahaan untuk menaikkan penjualan perusahaan atau bisnis kamu, yaitu:

1. Menawarkan Produk ke Konsumen

Seorang sales harus bisa meyakinkan manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan kepada pelanggannya supaya mereka termotivasi untuk membeli produk dari perusahaan. Dengan kata lain, seorang sales harus mampu untuk me-marketingkan produk yang hendak dijual.

2. Meyakinkan Calon Pelanggan

Sales juga harus bisa meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan dalam memilih produk yang ditawarkan.

3. Mengarahkan Sasaran

Selanjutnya, sales juga harus mampu untuk mengarahkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.

4. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Fungsi dari tim sales ini juga untuk mengakomodasi dan target customer sambil membantu memenuhi kebutuhan mereka dengan produk yang ditawarkan.

 
 
4 dari 5 halaman

Tugas Sales

Berikut penjelasan singkat tentang tugas sales di bawah ini:

1. Rutin mencari target

Mencari target merupakan salah satu tugas utama dari sales. Dengan mencari target, maka produk yang dijual bisa semakin dikenal oleh pasar. Selain itu, sales biasanya memiliki target konsumen di setiap bulannya. Oleh karena itu, rutin mencari target bisa menjadi salah satu kesempatan untuk meningkatkan kinerja.

2. Merekap hasil penjualan

Selain bekerja untuk mencari target konsumen, sales  juga diminta untuk bisa merekap hasil penjualan. Dari rekapan hasil penjualan tersebut, sales marketing bisa menganalisa produk apa saja yang disukai oleh para konsumen. Setelah mengetahui produk yang digemari oleh konsumen, maka produsen atau pengelola usaha bisa mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk baru.

3. Mengelola tim pemasaran dengan baik

Sales merupakan salah satu pekerjaan yang juga masuk ke dalam tim pemasaran. Oleh karena itu, sales  juga perlu memastikan bahwa tim pemasaran bisa terkelola dengan baik. Tim pemasaran yang baik bisa berdampak pada kinerja sales yang semakin meningkat. Hal ini juga bisa berpengaruh pada peningkatan target konsumen.

4. Menyusun strategi penjualan

Strategi penjualan juga menjadi salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh sales. Strategi ini digunakan agar ke depannya sales bisa meningkatkan konsumen semakin banyak. Biasanya, strategi penjualan disusun setelah melakukan evaluasi. Dengan begitu, kinerja dari para sales bisa dievaluasi dan ditingkatkan kembali. Otomatis strategi penjualan bisa kembali diperbarui dengan harapan bisa mendapatkan feedback yang baik.

5. Menganalisa pasar

Sales memiliki tugas untuk menganalisa pasar. Dengan begitu, sales bisa mengetahui minat para konsumen dan memenuhinya.

5 dari 5 halaman

Infografis 3 Kombinasi Vaksin Booster Covid-19 Januari 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.