Sukses

Hino Dutro Jadi Alat Praktik Terbaru Teknik Mesin UGM

Hino Indonesia mendonasikan 1 (satu) unit Hino Dutro sebagai alat praktik kepada Universitas Gadjah Mada (UGM).

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk kontribusi dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air, Hino Indonesia mendonasikan 1 (satu) unit Hino Dutro sebagai alat praktik kepada Universitas Gadjah Mada (UGM). Donasi ini menjadi bagian dari perayaan 40 tahun Hino di Indonesia.

Penyerahan Hino Dutro tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) Masahiro Aso kepada Rektor UGM Panut Mulyono.

Masahiro menyebutkan, donasi Unit Hino Dutro diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai alat bantu proses belajar mengajar dan praktik bagi para mahasiswa dari sekolah vokasi Universitas Gadjah Mada khususnya tehnik mesin.

"Sehingga dapat terus menghasilkan lulusan yang andal untuk mendukung pembangunan nasional di Indonesia," terang Masahiro dalam keterangan resminya, Senin (10/1/2022).

Bersamaan dengan pelaksanaan donasi ini, Hino Indonesia turut mengucapkan selamat atas Dies Natalis ke-72 kepada Universitas Gadjah Mada. Semoga terus dan konsisten menghasilkan putra putri bangsa terbaik untuk membangun Indonesia tercinta," tutup Masahiro Aso.

Disebutkan, sejak 2007 Hino Indonesia telah aktif melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) secara berkesinambungan di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam lingkup 7 (tujuh) pilar yaitu lingkungan, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, kebudayaan, konservasi alam dan bencana alam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kendaraan Baru Hino Dapat Komponen Tambahan Penunjang Standar Euro 4

April 2022, pemerintah Indonesia telah menetapkan setiap produksi kendaraan bermotor diesel memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro4. Salah satu pabrikan kendaraan komersial, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku main distributors dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) atau pabrik Hino di Indonesia telah melakukan beberapa persiapan terkait hal tersebut.

Dijelaskan Masato Uchida, President Director HMSI, dalam fase Hino Road to Euro4 saat ini, berbagai pengembangan kendaraan telah dilakukan. "Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan," jelasnya.

Sebagai pemain utama truk dan bus di Indonesia, pengembangan produk telah Hino lakukan secara matang untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro 4.

Ada beberapa komponen tambahan yang diimplementasikan pada kendaraan baru tersebut diawali dari sistem bahan bakar, Hino membangun mekanisme 3 kali penyaringan bahan bakar dengan 1 pre-fuel filter dan 2 main filter.

Penyaringan maksimal ini bertujuan memastikan kualitas dan kebersihan bahan bakar. sehingga proses pembakaran lebih sempurna dan mesin pun akan lebih tahan lama.

Supply Pump akan mensuplai bahan bakar ke Common Rail system, untuk dinaikkan tekanannya hingga 180-200Mpa.

"Tekanan tinggi bahan bakar dari injector ini, akan memaksimalkan proses penyalaan bahan bakar. Hino juga telah menyiapkan injector yang telah didesain untuk memiliki ketahanan aus karena tingginya tekanan bahan bakar," jelas Seno Wirdiyawantoro, Head of Product Planning HMSI dalam keterangan resminya, Selasa (28/12/2021).

"Penerapan full Diamond Like Coating (DLC) sejak Euro2 common rail engine yang lalu, akan tetap diterapkan pada G4S series injector di engine Euro4. Dimana pada G4S series injector Euro4 ini juga memiliki sistem valve baru yang mampu menghilangkan static dan dynamic leak sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih baik," tambah Seno.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.