Sukses

Kenali Gejala Highway Hypnosis Agar Selamat saat Berkendara di Jalan Tol

Menyetir terlalu lama tanpa jeda untuk beristirahat memiliki risiko yang tinggi. Terlebih lagi jika berkendara di jalan tol yang bisa menyebabkan pengemudi terlena. Tanda-tanda orang yang sudah terbius dengan situasi di jalan tol disebut dengan highway hypnosis.

Liputan6.com, Jakarta - Menyetir terlalu lama tanpa jeda untuk beristirahat memiliki risiko yang tinggi. Terlebih lagi jika berkendara di jalan tol yang bisa menyebabkan pengemudi terlena. Tanda-tanda orang yang sudah terbius dengan situasi di jalan tol disebut dengan highway hypnosis.

Gejala ini sebenarnya terjadi bukan karena saking menikmati perjalanan, tapi justru akibat menyetir dengan durasi terlalu lama saat di jalan tol. Saking lamanya, muncullah rasa bosan dan diikuti dengan lelah. Di situlah hal buruk sangat mungkin terjadi sehingga pengendara harus sadar keadaan tubuhnya dan waspada dengan sekitarnya.

Menurut Wuling Motors Indonesia, highway hypnosis berpotensi menurunkan konsentrasi ketika berkendara dan tidak jarang meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan, terutama di bahu jalan.

Rasa lelah yang ditimbulkan seringkali sulit dikontrol dan perlu segera mendapat penanganan. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dikerjakan agar highway hypnosis tidak lekas menyerang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah

Pertama, bisa dengan mencari hiburan contohnya mendengarkan lagu, begitu Wuling menambahkan, disitat Senin (3/1/2022) dari akun Instagram @wulingmotorsid.

Bila menemukan rest area, segera istirahatkan tubuh dan keluar dari kendaraan untuk melepas rasa bosan.

Kemudian cek-cek lagi kondisi pengemudi, masihkah fit atau butuh tambahan istirahat untuk menempuh perjalanan selanjutnya.

Jangan lupa pastikan pengemudi tidak mengalami efek tunnel vision di mana seseorang hanya fokus pada satu titik saja.

Bila diperlukan, ubah posisi tempat duduk setiap beberapa menit sekali agar tubuh tidak kaku.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.