Sukses

Sering Terabaikan, Ban Serep Juga Perlu Dicek Secara Rutin

Sebaiknya pemilik mobil tidak mengabaikan ban serep dan rutin untuk melakukan pengecekan

Liputan6.com, Jakarta - Ban serep kini sudah tersedia di banyak mobil yang diproduksi saat ini. Meskipun memiliki fungsi penting, namun terkadang keberadaan ban serep sering diabaikan alias tidak diperiksa secara rutin.

Lalu, kapan sebaiknya periksa ban serep di mobil kesayangan?

Dilansir laman resmi Auto2000, sebaiknya pemilik mobil tidak mengabaikan ban serep dan rutin untuk melakukan pengecekan. Caranya mudah, cukup buka dan perhatikan kondisi ban serep di lokasinya.

Pastikan tampilannya dalam kondisi baik. Selain itu, periksa juga tidak ada karat maupun kotoran yang mengganggu ban serep.

Setelah itu, pastikan tekanan angin ban serep dalam kondisi ideal. Jika berkurang, maka segera tambahkan angin. Posisi ban serep juga tidak boleh bergoyang atau bergeser dari dudukannya.

Maka sekalian melakukan pengecekan ban serep, tak ada salahnya untuk sekaligus membersihkan ruang ban tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Periksa kunci

Pastikan bebas dari debu dan kotoran lainnya. Selain itu langkah dalam pencecekan ban serep adalah periksa ketersediaan kunci-kunci alias tool kit pembuka dan pemasangnya. 

Sebab akan percuma jika ban serep dalam kondisi bagus namun taka ada peralatan pelepas dan pemasangnya.

Pastikan tool kit pelepas ban tersedia dan tersimpan dengan baik di mobil. Biasakan menyimpan alat-alat tersebut dalam satu kesatuan, jangan terpisah-pisah.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.