Sukses

Bikin Mesin Skutik 150 Cc, Piaggio Berkolaborasi dengan Pabrikan Tiongkok

Piaggio Group dikabarkan menggandeng perusahaan besar roda dua asal Tiongkok, Zongshen, dalam meracik mesin skutik 150cc

Liputan6.com, Jakarta - Piaggio Group dikabarkan menggandeng perusahaan besar roda dua asal Tiongkok, Zongshen, dalam meracik mesin skutik 150cc.

Mengutip RideApart, kemitraan antara keduanya adalah untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor yang akan diniagakan di pasar otomotif Cina.

Dibangun dengan kode produksi "G150S', mesin ini punya konstruksi yang mirip dengan mesin kepunyaan Honda PCX 160 maupun Yamaha NMax yang kita kenal di Indonesia.

Klaim output di atas kertas bahkan lebih besar NMax dan selisih tips dengan PCX. Mesin baru Piaggio X Zongshen ini memiliki kubikasi tepat 150 cc, SOHC, 4-katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi.

Di mana dengan racikan itu mampu memompa tenaga maksimal sampai 15,4 daya kuda dan torsi puncak menyentuh 14,5 Nm.

Dijelaskan lebih lanjut jika mesin terbaru tersebut menggunakan kepala silinder integral, piston berbobot ringan, sampai komponen filter oli sekunder.

Mesin ini juga cocok dipasangkan teknologi terkini seperti Silent Start Engine sampai Idling Stop System yang mirip-mirip dengan kepunyaan PCX atau NMax.

Tak cuma itu saja, layaknya skutik masa kini mesin G150S ini juga akan kedapatan fitur kekinian lain, salah satunya adalah keyless ignition. Fitur tersebut jadi salah komponen pendongkrak keamanan serta fungsionalitas di kendaraan roda dua.

Terkait kelanjutan pengembangan mesin tersebut memang belum dijelaskan secara spesifik. Namun informasi menyebutkan mesin itu akan segera masuk dapur produksi massal yang nantinya akan diperkenalkan pada 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Zongshen

Untuk diketahui, kerja sama antara Piaggio dan Zongshen bukanlah yang pertama. Di 2019 lalu Aprilia yang masuk brand Piaggio Group pernah merilis motor sport Aprilia GPR150 dan GPR250 di Cina.

Kerja sama keduanya membentuk perusahaan baru bernama Zongshen Piaggio Foshan Motorcycle Enterprise Co, Ltd. Motor yang motor kelas mesin 125 cc hingga 250 cc.

Secara tampilan, desain, dan fitur harus diakui jika ciptaan keduanya cukup menarik. Saat itu GPR150 dan GPR250 hadir sebagai motor sport yang secara performa sampai teknologi tak kalah dengan merek Jepang yang sudah eksis lebih dulu.

Nah diharapkan jika pengembangan mesin G150S ini juga akan melahirkan produk yang berkualitas namun tetap kompetitif dari segi harga.

Kita tunggu saja kejutan dari Piaggio dan Zongshen apakah produk terbarunya itu akan dijual selain di negara Cina.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini