Sukses

Tips Mudah dan Jitu Ini Bikin Skutik Lebih Irit Bahan Bakar

Ada beberapa cara untuk membuat skutik kesayangan lebih hemat bahan bakar, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Skuter matik atau skutik menjadi motor yang cukup digemari di Indonesia. Alasannya, kendaraan jenis ini lebih mudah dan nyaman untuk digunakan, hanya tinggal gas dan rem saja, tanpa harus menggunakan kopling atau memindahkan gigi.

Namun, skutik ini dinilai lebih boros bahan bakar, dibanding jenis lainnya, seperti motor bebek atau moped. Namun, tidak perlu khawatir, dilansir laman Federal Oil, ada beberapa cara untuk membuat skutik kesayangan lebih hemat bahan bakar.

1) Hindari Gas-Rem Mendadak

Kecepatan berkendara sangat memengaruhi jumlah bahan bakar yang dipakai. Di mana semakin cepat berkendara maka semakin banyak pula bensin yang digunakan oleh motor. Berkendara secara ugal-ugalan dengan menarik gas secara tiba-tiba bisa membuat bahan bakar lebih cepat habis.

2) Panaskan Motor Cukup Semenit

Memanaskan motor dilakukan untuk mencairkan oli yang mengental akibat suhu dingin saat motor tidak digunakan. Hal ini tentunya akan memakan bahan bakar. Untuk kamu yang memiliki motot, terutama injeksi, cukup panaskan motor dalam waktu maksimal 1 menit saja. Sebab, makin lama waktu yang kamu gunakan untuk memanaskan motor, makin banyak bensin yang terbuang sia-sia.

3) Ganti Filter Udara Secara Berkala

Bagi pengguna motor matic yang kurang memerhatikan kebersihan filter udara hal ini memengaruhi tingkat keborosan bahan bakar. Kotornya filter udara dapat menyebabkan tersumbatnya udara ketika memasuki sistem pembakarannya lewat saluran intake. Sehingga, banyak bahan bakar yang akan terbuang sia-sia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4) Pengapian Harus Dalam Kondisi Prima

Untuk motor yang menggunakan karburator, pastikan untuk memonitor komponen pengapian secara berkala. Sebab, pengapian yang bermasalah dapat memengaruhi aktivitas pembakaran bensin. Semakin baik kondisi komponen pengapian, maka semakin efisien pula penggunaan bahan bakar.

5) Tekanan Udara Ban Yang Pas

Tekanan udara pada ban dapat memengaruhi penggunaan bensin. Beban pada motor akibat ban yang kempes membuat motor bekerja ekstra. Saat mesin harus bekerja ekstra, hal ini juga akan berdampak pada banyaknya bensin yang dipakai saat berkendara

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.