Sukses

5 Mobil Listrik yang Tebar Pesona Sepanjang Tahun 2021

Industri otomotif Indonesia selama tahun 2021 mulai bangkit sedikit demi sedikit dibandingkan dengan tahun 2020. Penjualan mobil baru meningkat setelah mendapat stimulus diskon pajak 100%, ditambah lagi peluncuran beragam produk otomotif, termasuk mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif Indonesia selama tahun 2021 mulai bangkit sedikit demi sedikit dibandingkan dengan tahun 2020. Penjualan mobil baru meningkat setelah mendapat stimulus diskon pajak 100%, ditambah lagi peluncuran beragam produk otomotif, termasuk mobil listrik.

Khusus electric vehicle (EV), sejumlah merek baik Jepang, Korea Selatan hingga Tiongkok merilis mobil listrik di Indonesia di tahun 2021. Tercatat ada Nissan, Hyundai, DFSK hingga MG.

Berikut daftar mobil listrik yang pernah diluncurkan sepanjang tahun 2021 di tanah air:

1. Hyundai Ioniq

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) meramaikan pasar mobil listrik dengan meluncurkan Hyundai Ioniq di awal tahun 2021. Mobil tersebut mengadopsi bentuk hatchback dengan performa yang lebih dari cukup untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Hyundai Ioniq mempunyai motor listrik tunggal dengan daya 136 PS dan torsi puncak 295 Nm. Dengan baterai berukuran 38,3 kWh, mobil ini diklaim bisa berjalan sejauh 373 km dalam sekali pengecasan. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 637 juta hingga Rp 677 juta.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Hyundai Kona EV

Berikutnya adalah tawaran EV lain dari HMID, yakni Hyundai Kona EV. Crossover satu ini mengusung spesifikasi yang sama dengan Ioniq, tetapi menggunakan bodi SUV dengan desain futuristis.

Sama seperti Ioniq, Kona EV termahal juga dilengkapi beragam fitur kenyamanan dan keselamatan menarik, seperti pendingin kursi dan speedmeter digital. Namun hanya Kona yang tersedia dengan panoramic sunroof.

HMID memberi harga Kona EV sebesar Rp 697 juta.

3 dari 6 halaman

3. DFSK Gelora E

Kemudian ada DFSK yang merilis Gelora E. Mobil boks ini diluncurkan pada acara IIMS Hybrid April 2021 lalu. Gelora E menjadi satu-satunya mobil listrik niaga yang dijual secara resmi sekaligus EV termurah dengan harga mulai dari Rp 480 juta.

Mobil tersebut menggunakan basis dari mobil van DFSK, yakni Gelora. Desainnya mirip dengan Ford Transit tahun 2009. Performa mobil ini datang dari motor listrik dengan output 82 hp dengan torsi 200 Nm. Mobil niaga ini diklaim bisa menempuh jarak sejauh 300 km dalam sekali pengecasan.

 

4 dari 6 halaman

4. Nissan LEAF

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) awal 2021 memperkenalkan LEAF terabru. Mobil tersebut sebenarnya sempat tampil di GIIAS 2019, namun baru tahun ini dirilis dan dijual secara resmi.

Hatchback EV ini mempunyai fitur komplet. Dengan harga Rp 649 juta, mobil tersebut diposisikan di antara dua model Hyundai Ioniq, yakni Prime yang lebih terjangkau dan Signature yang lebih premium.

5 dari 6 halaman

5. MG 5 EV

Terakhir adalah MG 5 EV. Mobil listrik satu ini merupakan pertama di dunia yang mengadopsi bodi station wagon. Mobil ini memulai debutnya di Indonesia pada GIIAS 2021 lalu.

Untuk saat ini, MG 5 EV belum bisa dipinang oleh publik, bahkan harga wagon tersebut masih misteri. Mobil yang sama sudah lebih dulu dijual di Thailand.

Sumber: Otosia.com

6 dari 6 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.