Tips Berkendara Mobil yang Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan

Oleh Arief Aszhari pada 29 Des 2021, 13:04 WIB
Diperbarui 29 Des 2021, 13:04 WIB
Perawatan Mobil di Masa Pandemi Lebih Mudah (Ist)
Perbesar
Perawatan Mobil di Masa Pandemi Lebih Mudah (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun intensitas hujan mulai tinggi. Bagi pengemudi mobil, diperlukan usaha lebih ekstra dalam memperhatikan kondisi kendaraan sebelum digunakan agar saat digunakan lebih aman dan nyaman.

Dijelaskan Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, pemeriksaan rutin sebagai persiapan berkendara di musim hujan bisa dilakukan mandiri di rumah, atau ke bengkel resmi.

"Hal ini dilakukan agar masalah pada kendaraan ditangani orang yang tepat, sehingga berkendara menjadi lebih tenang," jelas Hariadi, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (29/12/2021).

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan melakukan perjalanan pada musim hujan:

1. Perhatikan kondisi wiper dan kaca mobil

Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper memiliki peran penting untuk membantu pandangan saat hujan agar aman dan nyaman. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper.

Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur. Kaca dapat dibersihkan menggunakan pembersih kaca sesuai dengan rekomendasi dari bengkel resmi.

2. Perhatikan sistem kontrol kendaraan

Memperhatikan sistem kontrol kendaraan menjadi bagian penting dan wajib ketika kita akan melakukan perjalanan, terutama saat musim hujan. Pastikan sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan baik dan lakukan perawatan rutin di bengkel resmi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Menyalakan lampu kendaraan

Sebelum digunakan, periksa lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik. Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas. Begitu juga sebaliknya, pengendara lain akan mudah melihat posisi kendaraan kita ketika berada di jalan saat hujan lebat. Lampu pada mobil terdiri dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard.

4. Hindari melewati genangan air yang dalam

Pengendara dianjurkan untuk menghindari jalanan yang memiliki ketinggian genangan air yang tidak dapat diprediksi. Hal ini dapat membuat kendaraan mengalami gangguan seperti kerusakan pada mesin karena air pada genangan dapat berpotensi terhisap ke dalam komponen mesin sehingga dapat membuat mesin mati mendadak.

5. Kurangi kecepatan ketika hujan

Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Maka dari itu, untuk menghindari risiko tergelincir akibat jalanan licin, pengendara harus mengurangi kecepatan kendaraan.

6. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Selain mengurangi kecepatan, pengendara juga harus memperhatikan jarak dengan kendaraan lainnya. Hal ini untuk mengurangi risiko tabrakan apabila kendaraan kita atau kendaraan lain harus melakukan pengereman mendadak.


Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya