Sukses

Hadapi Musim Hujan dan Cuaca Ekstrem, Cek Kembali Sistem Pengereman Kendaraan Anda

Mengecek komponen-komponen kendaraan di musim hujan sangat dianjurkan. Selain kondisi ban, rem juga menjadi unsur yang mempengaruhi jarak pengereman.

Liputan6.com, Jakarta - Di musim hujan dan cuaca ekstrem seperti sekarang ini, menuntut pengendara kendaraan bermotor harus lebih ekstra hati-hati lagi dalam menjalankan akvitasnya. 

Di samping jalanan menjadi licin, jarak pandang terbatas dan kerap tergenang air, persiapan berkendara perlu dilakukan. Pasalnya berkendara di situasi jalan kering dan basah berbeda.

Mengecek komponen-komponen kendaraan di musim hujan sangat dianjurkan. Selain kondisi ban, rem juga menjadi unsur yang mempengaruhi jarak pengereman.

Pemeriksaan atas kesiapan rem kendaraan patut menjadi perhatian. Pada dasarnya performa rem dapat dirasakan oleh pengemudi saat berkendara.

Namun demikian, pemeriksaan berkala juga sangat disarankan untuk memastikan kelayakan komponen rem lebih lanjut.

Menurut Boediarto, General Manager Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pemeriksaan sistem pengereman meliputi kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem.

"Jika kampas rem ditemukan sudah tipis atau habis maka harus segera diganti. Jika masih cukup tebal, maka cukup dibersihkan," imbuhnya.

Dipaparkan, piringan cakram bisa saja mengalami keausan yang tidak merata. Efeknya ketika mengerem akan berpotensi menimbulkan getaran yang bisa terasa di pedal rem. Jika sudah begitu harus dicek apakah piringan masih bisa dibubut atau sudah harus diganti. 

"Jika perlu dilakukan pembubutan. Sangat disarankan atau direkomendasikan menggunakan alat bubut langsung di kendaraan untuk hasil maksimal," terangnya.

Memeriksa minyak rem Pastikan untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak rem tangki cadangan minyak rem secara rutin seminggu sekali bersama dengan pemeriksaan komponen lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Rainy Campaign

Untuk pemilik kendaraan Mitsubishi, sebaiknya mengikuti anjuran penggantian minyak rem setiap 40.000 km dengan minyak rem yang direkomendasikan di dalam Owner Manual ataupun bengkel resmi.

"Apabila sebelum mencapai batas jarak minimal tersebut dan minyak rem sudah habis kemunginan ada kebocoran yang harus segera diperiksakan," tukasnya.

Boediarto menyarankan, pemeriksaan rem sebaiknya dilakukan di bengkel resmi guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Terkait musim hujan, Mitsubishi menggelar program rainy campaign pada bulan Desember ini.

'Rainy Campaign' merupakan program paket perawatan kendaraan Mitsubishi Motors yang bertujuan untuk mempersiapkan kondisi kendaraan tetap baik saat menghadapi musim hujan dengan penggunaan suku cadang asli Mitsubishi Motors.

Program tersebut ditujukan untuk konsumen dengan model Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Outlander Sport dan Mirage.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini