Sukses

Suzuki Ikut Berjibaku Membantu Korban Erupsi Gunung Semeru

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama Tim Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) turut membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama Tim Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) turut membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Bantuan berupa layanan medis, pendistribusian logistik, dan pembuatan dapur umum dilakukan sejak 5 sampai 18 Desember 2021.

"Kami turut berduka cita atas kejadian ini. Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian, kami berinisiatif dengan cepat melakukan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat di sana,” terang Rachmat Keliek Pangestu, Ketua Umum Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) lewat keterangan resmi yang OTO.com terima, Rabu (22/12).

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada delapan desa di Kabupaten Lumajang yang terdampak bencana. Lima di antaranya berlokasi di Kecamatan Candipuro.

Yakni Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo. Sedangkan tiga desa lainnya terletak di Kecamatan Pronojiwo, masing-masing Supiturang, Sumber Urip, serta Oro Oro Ombo.

Sampai 21 Desember 2021 kemarin, BNPB menginformasikan jika jumlah masyarakat yang terdampak dari bencana erupsi Gunung Semeru meningkat lebih dari 10 ribu jiwa.

Kendati demikian, mayoritas telah berada di pengungsian. Bertambahnya jumlah masyarakat yang terdampak, mendorong Suzuki untuk cepat tanggap membantu meringankan beban korban bencana di sana.

Dalam operasi bantuan di sana, Suzuki Indonesia bersama SCRC yang terdiri dari 14 klub mobil Suzuki bergerak dikawal 4X4 AU 98 menempatkan bantuan beberapa personel di lokasi terdampak erupsi Semeru.

Untuk mobilitas dan kelancaran kegiatan tersebut, Suzuki juga mengirimkan bantuan kendaraan berupa New Suzuki Carry Ambulance dan New Carry Box Logistik ke lokasi posko bencana alam Indonesia Offroad Federation (IOF) dan Galena Rescue yang menjadi salah satu posko penanggulangan bencana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Medis yang Diberikan

Metode bantuan dan layanan medis yang dilakukan Suzuki adalah dengan cara berkeliling rumah ke rumah warga yang terdampak guna melakukan pengecekan kesehatan.

Sementara itu, hadir pula unit pelayanan ambulance tim SCRC untuk kebutuhan mobilitas antar korban ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pelayanan medis yang diberikan oleh SCRC tersebut adalah bagian dari kerja sama dengan dokter dari organisasi Medical Emergency Disaster and Adventure (MED-A).

4W Marketing Director PT SIS, Dony Saputra mewakili Suzuki Indonesia menyampaikan keprihatinan atas musibah yang menimpa masyarakat di sekitar Gunung Semeru. Bantuan tersebut diharap bisa meringankan beban masyarakat.

"Kami juga berterima kasih kepada tim SCRC yang sigap berkolaborasi memberikan bantuan untuk para korban seoptimal mungkin. Kami berharap bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dan logistik masyarakat saat ini agar dapat pulih kembali,” kata Donny.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.