Sukses

Ekspor Toyota Indonesia Bergairah Lagi, Januari-November 2021 Kirim 166 Ribu Mobil

Harus diakui kebijakan insentif PPnBM dari pemerintah mampu merangsang pasar otomotif nasional. Tercatat, konsumsi domestik sepanjang Januari-November 2021 mencapai 761 ribu unit.

Liputan6.com, Jakarta - Harus diakui kebijakan insentif PPnBM dari pemerintah mampu merangsang pasar otomotif nasional. Tercatat, konsumsi domestik sepanjang Januari-November 2021 mencapai 761 ribu unit.

Tak cuma itu, pencapaian ekspor kendaraan dari Indonesia juga menggeliat. Berdasarkan data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor kendaraan utuh dari Indonesia sepanjang Januari - November 2021 mencapai 267 ribu unit.

Sementara ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota dari Indonesia sepanjang Januari - November 2021 mencatatkan angka sebesar 166 ribu unit dengan proyeksi pencapaian tahunan hingga 188 ribu unit.

Disebutkan, pencapaian ini memperlihatkan kinerja ekspor T-Brand sudah pulih ke level 89 persen dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi Covid-19.

Bob Azam Direktur Eksternal Affairs PT TMMIN menyampaikan, kinerja industri otomotif Indonesia menjadi sektor industri andalan yang berperan sebagai penopang dan lokomotif kebangkitan ekonomi nasional.

Menurutnya, industri yang berkontribusi bagi 1,5 juta lapangan kerja dari hulu hingga hilir ini telah menyumbangkan 4 persen dari Penerimaan Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Tren positif ekspor T-brand tidak dapat kami capai tanpa dukungan Pemerintah Indonesia melalui berbagai stimulus dan kebijakan pendorong ekspor otomotif nasional," terang Bob dalam keterangan resminya, Kamis (23/12/2021).

Disebutkan, aktivitas ekspor Toyota Indonesia ke lebih dari 80 negara turut menjembatani pemasok lokal untuk masuk ke pasar global melalui pengembangan pemasok termasuk IKM untuk meningkatkan daya saingnya.

"Ekspor otomotif merupakan ekspor produk berteknologi tinggi yang bernilai tambah," kata Bob.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Ekspor T-Brand

Untuk menutup catatan positif kinerja ekspor otomotif di penghujung 2021, Kementerian Perdagangan menyelenggarakan Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021 yang akan diselenggarakan di Pabrik PT TMMIN Karawang I-II sebagai lokasi utama.

Berikut data pencapaian kinerja ekspor T-Brand periode Januari-November 2021:

1. Tipe SUV (Fortuner, Rush, Raize): 76 ribu unit

2. Tipe MPV (KijangInnova, Sienta, Avanza, Town/Lite Ace, Veloz) : 33 ribu unit

3. Tipe Sedan, Hatchback, LCGC (Vios, Yaris, Agya) : 57 ribu unit

4. Mesin (TR dan NR): 101 ribu unit

5. Kendaraan Terurai (CKD): 47 ribu block

6. Komponen Kendaraan: 79 juta pieces.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini