Sukses

Porsche Butuh 4 Tahun untuk Urusan Pemilihan Warna

Sebagai salah satu produsen otomotif premium, Porsche, tidak main-main dalam memberikan warna di setiap modelnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan otomotif Porsche rupanya tidak main-main dalam memilih warna yang akan diaplikasikan pada setiap mobil.

Tentunya hal ini disebabkan oleh beberapa hal yang menjadi pertimbangan perusahaan. Bahkan, untuk mendapat persetujuan prinsipal, proses satu warna mobil saja bisa memakan waktu hingga 4 tahun.

Meski terlihat mudah dalam pengaplikasian warna untuk eksterior, namun ada beberapa hal yang memengaruhi persetujuan tersebut.

Dilansir carscoops, Daniela Milosevi, salah seorang Desainer di Departemen Desain Warna dan Trim di Pusat Pengembangan Weissach Porsche, mengaku perlu berpikir bertahun-tahun untuk memastikan mobil tersebut cocok dengan warna yang tengah populer.

Adapun hal yang menyebabkan proses berjalan hingga empat tahun disebabkan karena setiap rona warna harus melewati serangkaian tes untuk membuktikan bahwa cat tersebut dapat menahan paparan cuaca. Pada prosesnya, cat tersebut dilapisi ke panel uji yang nantinya akan ditempatkan di bawah sinar matahari selama dua tahun.

"Apa pun yang lolos uji stabilitas warna di Florida, pasti akan sangat cepat persetujuannya. Uji tersebut juga melewati beberapa tes sepeeri keamanan kebakaran, air asin, dan benturan batu," ujar Milosevic.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terinspirasi dari Desain Interior dan Warna Furniture

Untuk memberikan palet warna yang menarik, Milosevic, punya cara jitu dalam mengkalibrasi warna khas Porsche dengan warna yang akan digunakan.

Ia sering datang ke Furniture Fair di Milan, lantaran dari gelaran tersebut ia sering mendapatkan warna baru yang akan diaplikasikan pada jajaran Porsche.

"Kami menggunakan desain interior dan arsitektur sebagai sumber ide untuk pekerjaan kami. Fashion bergerak terlalu cepat. Sebaliknya, pelanggan membi sofa dan menyimpannya selama beberapa tahun, layaknya sebuah mobil," tandas Milosevic.

Tidak sampai di situ, setiap warna yang telah dikembangkan, ia juga harus melihat lagu apakah itu selaras atau tidak dengan pilihan trim dan jok.

Selama satu tahun, ia bersama timnya mengembangkan 12 warna cat untuk model turunan baru. Dari 12 warna tersebut, hanya empat yang nantinya akan dipilih dan dikembangkan oleh prinsipal.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada Mutasi Covid-19 Kombinasi Varian Inggris-India

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.