Sukses

Motor Balap Listrik Ducati Mulai Diuji di Sirkuit, Simak Kecanggihannya

Ducati mulai melepas penutup dari prototipe motor balap listrik canggihnya, MotoE V21L

Liputan6.com, Jakarta - Ducati mulai melepas penutup dari prototipe motor balap listrik canggihnya, MotoE V21L. Kendaraan ramah lingkungan dari Italia ini, akan menjadi bagian dari ajang FIM Enel MotoE World Cup atau yang dikenal sebagai kelas listrik MotoGP, mulai 2023.

Dilansir Autoblog, prototipe motor listrik Ducati ini, memulai debutnya di trek balap Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia. Tempat ini dianggap cocok bagi jenama Negeri Pizza dan tidak mengherankan, motor ini terlihat luar biasa.

Michele Pirro, test rider Ducati, yang juga memimpin pengujian motor listrik ini mengatakan, kendaraan ini ringan dan sudah memiliki keseimbangan yang baik.

"Koneksi throttle di fase pembukaan pertama dan ergonominya sangat mitip dengan motor MotoGP," katanya.

"Jika bukan karena keheningan dan fakta bahwa dalam tes ini, kami memutuskan untuk membatasi output daya hanya 70 persen dari performa, saya dapat dengan mudah membayangkan bahwa saya mengendarai motor sendiri," tambah pria yang sudah menjadi pembalap profesional sejak 2014 ini.

Roberto Canè, Direktur eMobility Ducati juga memuji mesin tersebut dan menyebutnya luar biasa, tidak hanya karena keunikannya tetapi juga baik untuk tujuan kinerjanya dan untuk rentang waktu yang sangat singkat.

"Usaha itu lebih dari sekadar berfungsi sebagai sepeda motor listrik pertama Ducati; pelajaran yang didapat dari pembuatan mesin balap ini akan bermanfaat bagi perusahaan karena berusaha untuk memiliki sepeda listrik yang tersedia secara komersial untuk pelanggan pada 2030," tegasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyempurnaan

Sementara itu, pihak Ducati masih mengharapkan perubahan besar, sebelum V21L secara resmi siap untuk balapan.

Ducati menyebutkan tantangan yang tersisa terkait dengan ukuran, berat, dan jangkauan baterai , serta memberikan pendinginan yang memadai dan konsistensi pengiriman daya yang tepat selama keseluruhan balapan.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.