Sukses

Terpukau dengan Performa All New Yamaha R15 Connected

Ajang test ride Yamaha R15 terbaru di Sirkuit Sentul ini diikuti awak media serta konsumen yang tergabung dari berbagai komunitas motor Yamaha

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Indonesia menggelar 'The All New R15 Connected Experience' di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/12/2021). Ajang test ride Yamaha R15 terbaru ini diikuti awak media serta konsumen yang tergabung dari berbagai komunitas motor Yamaha.

Dalam test ride ini, tiap peserta mendapat kesempatan sebanyak 6 laps yang terdiri dari 3 putaran menggunakan R15 Standar dan sisanya menggunakan R15M. Yamaha sengaja membagi dua sesi test ride untuk membandingkan keduanya.

Secara garis besar, baik Yamaha R15 Standar maupun R15M sama-sama menawarkan karakter motor sport yang kuat. Posisi riding-nya yang racy alias memaksa badan agak merunduk membuat pengendara makin percaya diri.

Melahap tikungan demi tikungan di Sirkuit sepanjang 4,12 km dengan motor ini terasa nyaman. Motor juga terasa enteng dan stabil saat cornering.

 

Dari segi performa, mesin berkapasitas 155cc LC4V dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang diadopsi R15 tergolong galak. Jantung mekanis tersebut mampu memuntahkan tenaga 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi puncak sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Saat dipacu ditrek lurus, kecepatan puncak yang diraih peserta beragam. Ada yang mencapai 140 km/jam (kpj), bahkan lebih. Namun Liputan6.com sendiri setelah beberapa kali percobaan, kecepatan tertinggi yang sempat terlihat pada speedometer menunjukan angka 138 kpj.

Selain mesin yang bertenaga, motor ini juga dibekali dengan fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat tarikan kopling jadi lebih ringan. Selain itu, terdapat pula Slipper clutch yang berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang saat melakukan engine brake atau ketika menurunkan gigi secara cepat.

Fitur-fitur ini mampu bekerja dengan baik saat kami gunakan di lintasan balap. Melakukan engine brake jelang memasuki tikungan semakin percaya diri karena roda belakang tidak bergerak liar. Saat keluar tikungan pun, akselasi yang didapatkan terasa lebih cepat karena perpindahan giginya terasa halus dan enteng.

Fitur ini pastinya akan sangat membantu saat motor ini dipakai untuk harian, terlebih di daerah perkotaan yang relatif macet. Tarikan kopling yang enteng tentunya akan meringankan beban tangan ataupun jari-jari sehingga tidak mudah capek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yamaha R15M Connected-ABS World Grand Prix 60th Anniversary Livery

Hal yang membuat Liputan6.com terkesan adalah saat menjajal R15M Connected-ABS World Grand Prix 60th Anniversary Livery. Bukan hanya terkesan dengan tampilannya, tetapi juga pada fitur-fitur yang ditawarkan.

Engine Switch Off-nya saja sudah ala-ala big bike. Lalu fitur lain yang bergaya motor gede (moge) adalah speedometer digital with 2 Option Riding Display yakni Street dan Track Mode.

Berbeda dengan varian Standar, sebagai varian atas R15M Connected-ABS telah dilengkapi fitur Quick Shifter Fitur ini memudahkan pengendara melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling.

Tak cuma itu, model ini juga dibekali fitur Traction Control System (TCS). Fitur ini diberikan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih bagi pengendara. Untuk sistem pengeremannya menggunakan Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS).

 

Menurut pembalap Yamaha Indonesia, Faerozi Toreqottulah, fitur Quick Shifter memiliki keuntungan dalam mempertahankan kecepatan.

"Adanya fitur ini malah bisa lebih bagus (dalam mempertahankan kecepatan). Karena kita oper gigi tanpa harus mengurangi mengurangi (putaran) gas. Masukin gigi juga tanpa harus pencet kopling," katanya usai 'mengawal' Liputan6.com dan peserta lainnya melakukan test ride.

Hal ini berbeda saat mengendarai R15 Standar dimana saat mengoper gigi pasti menurunkan putaran gas. Kalaupun tidak menurunkan gas pasti menekan kopling saat pindah gigi.

"Kalau seperti itu otomatis RPM akan turun, speed-nya juga turun, jadi gak bertahan di RPM atas terus. Tapi kalau pake quick shifter bisa bertahan di RPM atas terus tanpa kita turun gas," tambah pembalap yang karib disapa Feroz Kuncir.

Dan yang Liputan6.com rasakan, dengan fitur quick shifter yang diadopsi R15M Connected-ABS perpindahan gigi langsung tanpa menekan kopling terasa halus. Tidak terlalu menyentak. Dengan begitu motor bisa melaju dengan nyaman.

Untuk diketahui, perbedaan harga antara R15 dengan R15M Connected-ABS memang terpaut cukup jauh. Namun apa yang ditawarkan R15M sepertinya pantas-pantas saja lantaran fiturnya jauh lebih unggul dan efektif.

Menyoal harga, all-new R15 Connected dipasarkan dengan Rp 38,9 juta, sedangkan All New R15M Connected-ABS Rp 43,5 juta. Sementara All New R15M Connected-ABS World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp 44,1 juta. Harga-harga tersebut berstatus On the Road Jakarta.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini