Sukses

Fitur Pintar Nissan yang Satu Ini Bikin Kaget Tukang Isi Angin Ban

Nissan kini membekali mobil baru mereka dengan fitur pintar yang mereka sebut sebagai Easy-fill Tire Alert.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa fitur premium yang sudah mulai disematkan pada kendaraan, memang menjadi salah satu nilai jual kepada konsumennya.

Seperti teknologi baru Easy-Fill Tire Alert yang mulai disematkan pada beberapa model. Teknologi ini merupakan pengembangan lebih jauh dari teknologi sebelumnya yang disematkan pada bagian ban, seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Namun, pada Easy-fill Tire Alert ini semakin memberikan kemudahan kepada pemilik mobil Nissan untuk mengecek dan mengisi tekanan angin yang ideal pada keempat bannya.

Untuk memanfaatkan teknologi pintar ini, pemilik harus melakukan beberapa langkah yang harus diperhatikan. Adapun langkah tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pemilik mobil Nissan untuk menikmati teknologi terkini yang mereka sematkan.

Langkah pertama untul memanfaatkan fitur ini, kunci kontak harus berada pada posisi acc namun mobil jangan dihidupkan.

Jika pemilik mobil sudah mulai mengisi tekanan angin sesuai dengan kebutuhannya, maka lampu depan dan belakang mobil akan berkedip.

Menariknya, jika ban tersebut diisi dengan angin yang berlebihan, maka mobil akan mengeluarkan bunyi klakson sebagai penanda kepada pemilik mobil.

Saking pintarnya teknologi Easy-fill Tire Alert, jika angin yang dimasukkan ke ban masih berlebihan, maka sensor akan membaca dan memerintahkan klakson berbunyi lagi serta dibarengi dengan lampu bahaya berkedip sebanyak tiga kali.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilatarbelakangi Banyaknya Kecelakaan yang Disebabkan oleh Tekanan Angin

Salah satu inisiasi dalam melahirkan fitur tersebut, Nissan, berkaca pada data yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di mana mereka mengungkapkan bahwa 11.000 kecelakaan terjadi lantaran tekanan angin yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

"Memastikan ban Anda dipompa ke tekanan yang benar adalah salah satu langkah yang sangat sederhana yang dapat dilakukan konsumen untuk membantu membuat kendaraan mereka lebih aman, terutama saat akan digunakan untuk berlibur," tandas Selim Hammound, Direktur Petugas Keamanan Nissan North America (NNA), seperti dilansir carbuzz.

Teknologi ini adalah sebuah langkah sempurna setelah teknologi TPMS yang telah disematkan pada semua kendaraan baru di Amerika Serikat pada 2007 silam.

3 dari 3 halaman

Infografis Persetujuan Tak Bulat Fraksi-Fraksi DPR

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.