Sukses

Perhatikan Sistem Kelistrikan Mobil agar Aman dan Nyaman Berkendara Selama Musim Hujan

Memasuki Desember, biasanya intensitas hujan di beberapa wilayah di Indonesia semakin tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Desember, biasanya intensitas hujan di beberapa wilayah di Indonesia semakin tinggi. Jika sudah begitu, bagi pemilik mobil wajib melakukan perawatan lebih ekstra, termasuk sistem kelistrikan.

Dijelaskan pereli nasional yang juga brand ambassador PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Rifat Sungkar, hujan atau air merupakan musuh alami dari listrik.

"Sistem kelistrikan ini, menjadi yang paling ringkih (air hujan). Tolong hal ini perlu diperhatikan (pemilik mobil)," jelas Rifat dalam diskusi secara virtual, belum lama ini.

Sementara itu, jika sistem kelistrikan terjadi masalah, hal tersebut adalah gangguan dari dalam. Pasalnya, jika sudah begitu, terlihat dari luar memang baik-baik saja, tapi di dalam bermasalah.

"Jangan sampai hal ini terjadi, gangguan kelistrikan itu masalah dalam. Walaupun kelihatannya kendaraan tidak rusak dan baik-baik saja, sistem kelistrikan ini penting banget agar bisa memaksimalkan kendaraan dan berjalan dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, suami dari Sissy Priscillia juga menjelaskan lebih detail jika sistem kelistrikan itu terdapat beberapa jenis. Paling umum, adalah sistem kelistrikan di bodi seperti lampu, klakson, AC, Power Window. Kemudian, adalah juga sistem kelistrikan mesin, seperti starter, pengapian, dan injeksi BBM.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem kelistrikan

Ada juga sistem kelistrikan yang terkait dengan fitur keamanan dan keselamatan, yaitu hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), immobilizer, dan alarm.

Aspek yang harus diperhatikan dengan seksama, adalah lampu baik itu depan, belakang, rem serta sein. Periksa secara berkala komponen tersebut, dan khusus untuk rem belakang juga tidak boleh terlewat, karena memiliki fungsi yang cukup penting.

"Kalau lampu sein, biasanya indikatornya berkedip lebih cepat. Tandanya, harus masuk bengkel untuk ganti bohlam sein," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.