Sukses

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz Q TSS atau Honda BR-V E CVT?

Selain itu harga kedua mobil ini cukup berdekatan. Contohnya adalah Toyota Veloz tipe termahal Q TSS dan Honda BR-V model E CVT. Dua varian tersebut memiliki selisih harga Rp 8 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil keluarga dengan desain SUV semakin ramai berkat kehadiran all new Honda BR-V dan diikuti oleh all new Toyota Veloz. Honda BR-V dan Toyota Veloz terbaru mendapatkan rombakan besar. Toyota Veloz kini menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Selain itu harga kedua mobil ini cukup berdekatan. Contohnya adalah Toyota Veloz tipe termahal Q TSS dan Honda BR-V model E CVT. Dua varian tersebut memiliki selisih harga Rp 8 juta.

Dengan harga yang tidak terlalu berjauhan, mana yang layak dipinang?

Secara eksterior Toyota Veloz dan Honda BR-V mengusung styling mengarah SUV. Yang membedakan, Veloz tidak dikategorikan sebagai LSUV seperti BR-V. TAM masih memposisikan mobil tersebut sebagai LMPV.

Kendati demikian Toyota Veloz diberikan tampilan bongsor dan mewah dengan beberapa fitur menarik, seperti seluruh pencahayaan sudah LED, lampu sein depan sequential, spion lipat otomatis, serta pelek 17 inci two tone.

Sementara  Honda BR-V nampak tidak sekomplet Veloz. Meski lampu depan dan belakang sudah LED, lampu sein masih menggunakan bohlam biasa. Sementara pelek mobil itu berukuran 16 inci dan berwarna single tone serta spion belum terlipat secara otomatis saat mobil dikunci.

 * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interior

Lanjut ke bagian interior di mana Veloz lagi-lagi lebih lengkap dalam segi fitur dan desain. Veloz diberikan interior dengan kombinasi warna hitam dan putih, membuat interior mobil itu lebih enak dipandang.

Sementara dari segi fitur, mobil tersebut sudah dilengkapi banyak peranti kenyamanan, seperti AC digital otomatis, speedometer full digital, wireless charging, panel-panel soft touch, layar flip untuk baris kedua, armrest belakang, setir teleskopik, kursi dengan mode "sofa" dan masih banyak lagi.

 

Sedangkan interior Honda BR-V model ini bisa dikatakan belum bisa menyaingi Veloz dengan harga beda tipis. Sebagai contoh, mobil tersebut minim dengan panel-panel empuk. Bahkan di panel pintu SUV itu dipenuhi plastik keras.

Pada interior BR-V E CVT, jok masih berlapis kain, AC belum otomatis, tidak tersedia armrest untuk baris kedua, dan masih menggunakan rem parkir manual. Ini menjadikan BR-V sebagai salah satu mobil tanpa rem parkir elektrik dengan rentang harga mendekati Rp 300 juta.

 

3 dari 4 halaman

Fitur

Lantaran Toyota Veloz ini tipe termahal Q TSS, LMPV satu ini sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS). Peranti canggih ini diklaim dapat meminimalisir risiko  kecelakaan dengan penggunaan teknologi Pre-Collision Mitigation System (CMS), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), 6 airbags, dan sebagainya.

Bahkan rem belakang All New Toyota Veloz Q TSS sudah menggunakan rem cakram, membuat pengemudi lebih percaya diri ketika mengurangi atau menghentikan laju kendaraan.

Sedangkan sistem keselamatan Honda BR-V E CVT tergolong standar. SUV itu sudah dilengkapi ABS, EBD dan Vehicle Stability Control (VSC) dan 4 airbags. Lawan TSS, Honda Sensing, baru tersedia pada model tertinggi Prestige dengan banderol lebih mahal.

Nampaknya Honda BR-V belum bisa menyaingi Toyota Veloz dari sisi kelengkapan fitur kenyamanan dan keselamatan. Namun dari sisi performa unggul. Honda memasangkan mesin 1.500cc DOHC dengan semburan tenaga 121 PS dengan torsi 145 Nm.

Di sisi lain, All New Veloz dibekali mesin dengan kapasitas sama. Hanya saja tenaga lebih loyo, yakni cuma 106 PS dan torsi 141 Nm. Kedua mobil ini menyalurkan seluruh tenaga mesin ke roda depan melalui transmisi CVT.

Untuk harga, Toyota Veloz Q TSS dibanderol Rp 291,5 juta, sedangkan Honda BR-V E CVT dipatok Rp 299,9 juta. Dengan perbedaan harga Rp 8 juta lebih, mending pilih yang mana?

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.