Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Patahkan Mitos Mobil Berpenggerak Depan Sulit Melahap Tanjakan

Oleh Amal Abdurachman pada 14 Des 2021, 18:01 WIB
Diperbarui 14 Des 2021, 18:01 WIB
Toyota Veloz dan Avanza
Perbesar
Toyota Veloz dan Avanza (ist)

Liputan6.com, Denpasar - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak jurnalis untuk merasakan performa all new Toyota Avanza dan all new Veloz dalam perjalanan selama 3 hari di Pulau Bali, 7-9 Desember. Pengujian kali ini berawal dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Kuta, Bali. Pihak TAM menyediakan 4 unit Toyota Avanza dan 4 unit Toyota Veloz, masing-masing mobil diisi oleh 4 peserta.

Bagi Anda yang masih bingung, nama Veloz kini sudah terpisah dari Avanza karena menyasar target konsumen berbeda. Sehingga dibedakan dari segi desain eksterior, interior, dan juga kelengkapan fitur. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Interior Toyota Veloz
Perbesar
Interior Toyota Veloz (ist)

Kabin Toyota Veloz Q TSS

Memasuki kabin Toyota Veloz Q TSS, interiornya benar-benar berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Bukan hanya dari segi desain, fitur-fiturnya kini berlimpah dan juga modern. Instrumental panel kini sudah mengadopsi digital sepenuhnya, terdapat animasi saat menyalakan mobil, dan juga arah roda saat lingkar kemudi diputar. 

Lingkar kemudi disematkan beragam tombol untuk mengatur sistem hiburan dan MID, bahkan kini sudah dilengkapi dengan drive mode yang mengubah karakter akselerasi mobil dengan memilih mode power atau eco

Kehadiran wireless charger untuk smartphone cukup mengejutkan, tak disangka fitur ini akan hadir di Toyota Veloz. Begitu pula dengan electric parking brake dengan fitur brakehold dan kamera 360.

Tuas transmisi dikemas lebih elegan, cara memindahkannya pun berbeda dibanding generasi sebelumnya mengingat jenis transmisi dan layout drivetrain jauh berbeda. Meski tidak dilengkapi paddle shift, sensasi perpindahan gear secara manual bisa dirasakan melalui tuas transmisi ini.

Meskipun sudah disematkan banyak fitur baru, sayang sekali Toyota tidak menyematkan cruise control, bahkan seharusnya bisa saja adaptive cruise control mengingat segmen yang diincar Toyota Veloz merupakan pembeli yang membutuhkan fitur advance

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kabin Toyota Avanza G

Toyota Avanza (ist)
Perbesar
Toyota Avanza (ist)

Kabin Toyota Avanza memiliki desain serupa tapi tidak sama dengan Toyota Veloz. Satu hal yang pasti adalah fitur-fitur yang terdapat di Veloz tidak akan ditemui di Avanza. Misalkan saja panel instrumental gabungan analog dan digital. Selain itu, Avanza masih mengadopsi rem tangan konvensional, tidak ditemukan wireless charger untuk smartphone. 

Avanza tidak memiliki fitur selengkap Veloz bukan hal yang buruk. Harganya tentu lebih terjangkau, misalkan saja Avanza G 1.5 CVT dibanderol Rp 241,4 juta, tambah fitur TSS maka siapkan dana ekstra sebesar Rp 23 juta. Sedangkan Veloz Q CVT dibanderol Rp 272,1 juta, untuk varian Veloz Q CVT TSS dijual senilai Rp 291,5 juta. Semua harga berstatus on the road Jakarta.

 


Mesin dan Transmisi

Toyota Avanza (ist)
Perbesar
Mesin Toyota Avanza (ist)

Avanza G dan Veloz  mengadopsi mesin 1.496 cc dengan kode 2NR-VE. Mesin ini menghasilkan tenaga 106 ps pada putaran 6.000 rpmn dengan torsi puncak 137,29 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT atau lebih dikenal sebagai Continuously Variable Transmission. Perubahan sistem penggerak belakang menjadi depan tentu menimbulkan perdebatan di antara para penggemar Avanza berpenggerak roda belakang.  

Berita baiknya, dengan platform FF baru, bobot dan Avanza menjadi lebih ringan meskipun dimensinya bertambah besar serta didukung mesin berteknologi Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih baik.

Kombinasi bobot yang lebih ringan serta tenaga dan torsi yang lebih tinggi, membuat power to weight ratio dan torque to weight ratio menjadi lebih baik. Bahkan fitur Hill Start Assist (HSA) dan Traction Control yang sudah menjadi fitur standar di semua varian Avanza dan Veloz.

 


Performa

Toyota Veloz terbaru
Perbesar
Toyota Veloz terbaru (Amal/Liputan6.com)

PT TAM menilai Bali menjadi lokasi yang tepat untuk pengujian Avanza dan Veloz terbaru, kontur jalan yang bervariasi dinilai mewakili kondisi jalanan di Indonesia. Saat melintas di jalan tol, Avanza dan Veloz memberikan rasa berkendara yang senyap dan juga nyaman. Saat mengemudikan Veloz, saya bisa memainkan fitur drive mode untuk mengganti karakter akselerasi, pada Avanza saya bisa memindahkan transmisi ke M dan memainkan gear layaknya transmisi manual.

Saat bermanuver di jalanan berkelok-kelok, Avanza maupun Veloz terasa stabil dan mumpuni menaklukkan tikungan. Sebuah peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Hanya saja feel bantingan suspensi antara Veloz dan Avanza sedikit berbeda. Veloz terasa sedikit lebih stiff, hal ini wajar saja bisa terjadi, karena Veloz CVT menggunakan pelek 17 inci, sedangkan Avanza G CVT mengadopsi pelek ukuran 16 inci.

Toyota Safety Sense

Keberanian Toyota untuk menyematkan fitur TSS atau Toyota Safety Sense perlu diacungi jempol. TSS terdiri dari fitur Pre-Collision System (PCS), Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Assist, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Fitur TSS yang paling sering aktif adalah Blind Spot Monitoring yang memberitahukan ada mobil di titik blindspot. Harga Veloz dan Avanza dengan TSS memang relatif lebih tinggi, tapi sepadan dengan manfaat yang didapat.


Kemampuan Menanjak

Toyota Avanza terbaru (Amal/Liputan6.com)
Perbesar
Toyota Avanza terbaru (Amal/Liputan6.com)

Satu hal yang sering menjadi perdepatan mobil penggerak depan maupun belakang adalah kemampuan menanjak. Pada saat posisi menanjak, distribusi bobot mobil mayoritas berada di roda belakang, sehingga wajar saja jika mobil penggerak belakang dianggap lebih unggul karena memiliki traksi paling melimpah. 

Namun, Avanza dan Veloz yang diuji di tanjakan pantai Pandawa ini tidak menemukan kesulitan sama sekali saat menanjak. Tak perlu mengejar momentum dari bawah agar bisa mengakhiri tanjakan secepatnya. Cukup menanjak dengan pelan dan pasti. Selain itu,  Hill Start Assist (HSA) siap membantu jika Anda harus berhenti saat menanjak lalu melanjutkan perjalanan dan Traction Control memastikan roda tidak selip saat jalanan licin.

 


Pilih Avanza atau Veloz?

Toyota Veloz dan Avanza (ist)
Perbesar
Toyota Veloz dan Avanza (ist)

Sudah dapat dipastikan Toyota Avanza dan Veloz terbaru ini jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Bisa dikatakan keduanya merupakan mobil yang benar-benar baru dengan sensasi berkendara yang berbeda.

Strategi memisahkan segmen konsumen Avanza dan Veloz dirasa tepat. Toyota tidak ragu-ragu memasang harga agak tinggi pada Veloz, karena disematkan berbagai fitur canggih. Avanza pun memiliki fitur yang tidak kalah menarik dan harga bisa ditekan untuk konsumen yang mencari LMPV dengan harga terjangkau. Namun, sayangnya Veloz sekalipun belum memiliki fitur cruise control. 


Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya