Sukses

Model Baru Avanza dan Xpander Muncul, Bagaimana Nasib Honda Mobilio?

Persaingan di pasar low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia kembali sengit, setelah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Mitsubishi Xpander baru hadir

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di pasar low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia kembali sengit, setelah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Mitsubishi Xpander model baru telah hadir. Tidak hanya itu, Suzuki juga menghadirkan Ertiga edisi khusus beberapa waktu lalu.

Namun, ada salah satu pabrikan yang ternyata belum menghadirkan model baru dari mobil keluarga bawahnya, yaitu Honda Mobilio. Lalu, bagaimana nasib LMPV dari pabrikan berlambang huruf H tersebut?

Dijelaskan Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), menurut hasil studi untuk model tujuh penumpang, model low sport utility vehicle (LSUV) sangat menjanjikan, karena infrastruktur dan budaya orang Indonesia itu bisa pergi bersama-sama.

"Melihat infrastruktur di Indonesia, jalanan seperti apa, cuaca (masih ada banjir) di beberapa daerah, jadi ground clearance tinggi kami pelajari akan berkembang. Jadi, untuk model tujuh penumpang kami fokus dengan LSUV, yaitu all new Honda BR-V," jelas Billy di sela-sela media test drive Honda Civic RS, di Alam Sutera, Tangerang, Rabu (8/12/2021).

Lanjut Billy, jika berbicara Mobilio, Honda masih menilai model ini masih cukup bagus. Bahkan, dilihat dari surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 350 sampai 400 unit per bulan.

"Untuk tujuh penumpang, kami fokus dengan all new BR-V. Bukan berarti Mobilio ditinggalkan, ada strategi lagi nanti untuk LMPV. Saya tidak bilang produk baru ya, ada strategi khusus," pungkasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan All New Honda BR-V Lahir Lebih Dulu Ketimbang Mobilio

Jika melihat ke belakang, BR-V merupakan model yang dibangun dari platform Mobilio. Garis bodi, dan komponen yang digunakan banyak memiliki kesamaan.

Dan kini, generasi kedua BR-V dibangun menggunakan platform baru. Lalu apa alasan PT Honda Prospect Motor (HPM) mendahului BR-V ketimbang Mobilio?

"Karena market LSUV kami lihat berkembang cepat. Naik terus market-nya dari 9, 10, 11 sekarang udah 14 persen lebih," terang Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat, Senin (29/11/2021).

Dirinya juga menjabarkan jika market LMPV yang dihuni Honda Mobilio masih di atas 16 persen, lalu nomor satu dihuni LCGC dengan 17 persen lebih.

Lebih lanjut Yusak menyampaikan, pengembangan all new BR-V telah dilakukan sejak 2 tahun lalu. Dan mobil yang baru akan diproduksi massal pada pertengahan Desember 2021 ini memiliki lokal konten sebesar 84 persen.

Honda sendiri mengaku jika Mobilio masih menjadi bagian dari rencana mereka meski penjualannya tertinggal jauh dari kompetitornya, seperti Toyota Avanza ataupun Mitsubishi Xpander.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.