Sukses

Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Mengecek Mobil untuk Menghadapi Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Para pengguna kendaraan bermotor perlu persiapan khusus saat musim hujan. Dengan mempersiapkan segala sesuatu bisa mencegah hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

Bagi pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan mandiri kendaraannya di musim hujan. Pemeriksaan ini menjadi penting karena kondisi jalan dapat berubah 180 derajat saat hujan datang. Permukaan jalan yang lebih licin, jarak pandang terbatas, hingga performa mesin yang menurun bisa membuat kenyamanan perjalanan berkurang.

Pemeriksaan pertama dan paling mudah adalah ban mobil. Pengecekan kondisi ban sangat penting karena fungsinya yang mencengkeram permukaan jalan. Periksa tekanan ban sesuai dengan aturan pabrikan agar memastikan telapak ban mendapatkan daya cengkeram maksimal. Periksa ketebalan telapak lewat petunjuk tread wear indicator (TWI) di alur telapak ban. Jangan lupa untuk membersihkan telapak dari kerikil yang mengganjal dan periksa dinding ban apakah ada potensi sobek atau benjol.

Pemeriksaan selanjutnya ada pada kaki-kaki mobil. Sistem suspensi yang lemah, seperti karet bushing shock absorber yang pecah atau bahkan peredam kejutnya rusak, akan membuat mobil susah dikendalikan dan mengurangi kenyamanan penumpang. Sedangkan sistem kemudi yang bermasalah juga membuat pengemudi sulit untuk mengendalikan arah mobil. Jangan lupa lakukan spooring dan balancing secara berkala untuk menjaga kondisi ban dan kaki-kaki mobil.

Selanjutnya perangkat yang pasti digunakan saat musim hujan adalah wiper mobil. Saat musim kemarau wiper nyaris tidak pernah digunakan, ditambah karetnya mendapatkan paparan panas sinar matahari dan debu sehingga getas. Selain tidak sanggup bekerja optimal, karet wiper yang getas juga memiliki potensi menimbulkan baret yang sangat mengganggu di kaca mobil. Jangan lupa memeriksa wiper belakang dan mengisi tabung air pembersih kaca supaya tidak bermasalah ketika dibutuhkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perangkat Lain

Perangkat lainnya yang perlu diperiksa adalah sistem pengereman. Rem bekerja ekstra berat saat musim hujan karena jalan yang licin. Oleh sebab itu, pastikan kampas rem beserta piringan cakram atau teromol dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran di sistem rem mengingat perannya yang sangat penting. Jangan lupa periksa, isi tabung minyak rem serta lakukan pengurasan kalau sudah waktunya untuk menjaga kinerja rem.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi lampu dan kelistrikan. Tugas sistem kelistrikan bertambah berat ketika hujan turun. Seperti harus mendukung operasional AC, wiper, audio, dan lampu secara bersamaan. Oleh sebab itu, periksa sistem kelistrikan seperti aki, alternator, kabel-kabel, sekering, dan konektor untuk memastikan kondisinya baik dan layak operasi. Saat hujan deras, lampu mobil mempunyai tugas yakni membantu untuk melihat kondisi jalan di depan dan memastikan pengguna jalan lain dapat melihat mobil dengan baik. Sangat berbahaya jika sampai lampu mobil mati atau redup.

Terakhir, untuk menjaga kabin tetap nyaman, sistem pendingin alias AC penting bekerja saat musim hujan. Pendingin kabin juga berfungsi menjaga kaca mobil agar tidak berembun supaya pengemudi tidak kesulitan waktu memantau kondisi di luar. Selain itu, karet pintu mobil juga harus diperhatikan sebab komponen satu ini juga mempunyai usia pakai. Karet pintu dan jendela yang getas membuat air hujan bisa menerobos masuk. Meski sepele, tapi pasti membuat kesal kalau sampai kejadian.

"Sedia payung sebelum hujan, lakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan milik Anda saat musim hujan. Di pengujung tahun yang penuh berkah ini, Auto2000 menyiapkan ragam promo menguntungkan dalam Promo Servicetival Digiroom yang bisa dipilih salah satu sesuai kebutuhan. Segera kunjungi website Auto2000.co.id sekarang,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangannya. (Sta/Raju)

Sumber: Oto.com

 

3 dari 3 halaman

Infografis Bahaya Tetap Mengintai di Kaki Semeru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.