Sukses

Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Mobil yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Knalpot menjadi salah satu bagian di mobil yang memiliki fungsi penting. Sebagaimana diketahui, knalpot ini merupakan tempat pembuangan sisa hasil pembakaran.

Namun, banyak dari pemilik mobil yang belum mengetahui detail dari fungsi knalpot. Komponen ini, sejatinya dirancang dan dipasang pada sebagai saluran pembuangan residu hasil pembakaran. Residu ini dikeluarkan melalui knalpot dalam bentuk asap.

Dilansir Auto2000, banyak sekali fungsi knalpot pada mobil yang mendukung kenyamanan saat berkendara. Berikut, fungsi knalpot yang jarang diketahui pemilik roda empat:

1. Peredam Suara

Proses pembakaran bahan bakar selalu menghasilkan suara bising yang mengganggu kenyamanan saat berkendara. Pasalnya, udara bercampur dengan bahan bakar dalam prosesnya, sehingga menimbulkan bunyi yang sangat berisik.

Knalpot dipasang sehingga bisa meredam suara berisik dari proses pembakaran tersebut. Jika ada mobil yang knalpotnya dilepas, sudah jelas suara bising akan terdengar dari kendaraan tersebut. Jadi, penyebab suara bising pada kendaraan salah satunya adalah posisi knalpot yang dilepas.

2) Peningkat Tenaga

Knalpot juga berfungsi menjadi salah satu peningkat tenaga mobil bersamaan dengan komponen mesin lainnya. Apalagi jika knalpot didesain dengan tepat dan sesuai dengan mesinnya, tenaga yang dihasilkan mesin semakin besar lagi. Kesesuaian bahan knalpot juga bisa mempengaruhi besarnya tenaga yang dihasilkan.

Bagi beberapa kendaraan, ada komponen yang bernama chamber dalam mesinnya. Chamber ini berfungsi sebagai tempat sirkulasi gas yang masuk dan keluar dalam proses pembakaran. Bila knalpotnya disesuaikan dengan komponen ini, tenaga mesin yang dihasilkan pun semakin meningkat, sehingga mobil semakin kencang melaju.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menjaga Ambang Polutan Gas Buang

Bagaimana saluran pembuangan pada kendaraan bisa menjaga ambang polutan gas buang? Jawabannya adalah teknologi catalytic converter dalam knalpot tersebut.

Catalytic converter berfungsi untuk mengubah atau mengkonversi zat karbon dalam residu pembakaran. Perlu diketahui, proses pembakaran dalam mesin menghasilkan zat karbondioksida yang menjadi sumber polusi lingkungan. Jadi, teknologi catalytic converter ini bisa mengurangi bahaya pencemaran lingkungan, serta membuat penggunaan kendaraan menjadi lebih efisien.

4. Pengurang Berat Mobil

Komponen knalpot mobil juga bisa mengurangi bobot berat mobil. Pasalnya, ada beberapa jenis knalpot yang menggunakan material yang ringan. Dimensi ukuran knalpot juga bervariasi dan disesuaikan dengan bobot mobilnya.

Knalpot yang ringan membuat mobil memiliki akselerasi yang tinggi. Handling kendaraan juga lebih bagus jika menggunakan knalpot yang sesuai dengan ukuran mobilnya. Alhasil, mobil juga tidak terlalu berat saat dikendarai.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.