Sukses

11 Hal yang Perlu Diketahui dari Honda ADV350

Setelah X-ADV yang bermain di segmen big bike, lalu muncul ADV150 yang merupakan versi terjangkau. Kini lahir lah Honda ADV350 yang mendebut di EICMA 2021 di Milan, Italia.

Liputan6.com, Jakarta - Spesies Honda ADV kini semakin lengkap. Setelah X-ADV yang bermain di segmen big bike, lalu muncul ADV150 yang merupakan versi terjangkau. Kini lahir lah Honda ADV350 yang mendebut di EICMA 2021 di Milan, Italia.

ADV350 didesain dengan konsep 'New Urban Adventure', memadukan kecanggihan dan kepraktisan skuter yang dipoles dengan gaya SUV dan terinspirasi dari X-ADV.

Walau harga resmi skutik baru ini belum diumumkan, ada baiknya simak 11 fakta menarik tentang dirinya.

1. Mesin 330cc

Ditenagai mesin 330cc SOHC silinder tunggal, 4-langkah, berpendingin cairan dan sudah sesuai dengan Euro 5. Dikombinasikan injeksi bahan bakar elektronik PGM-FI dengan teknologi Smart Power+ (eSP+), demi mencapai karakteristik ramah lingkungan. Termasuk keluaran daya yang kuat – untuk digunakan di dalam maupun luar kota – melalui adopsi komprehensif teknologi rendah gesekan.

ADV350 mampu menghasilkan 21,5 kW (29,23 PS) di 7.500 rpm diimbangi dengan torsi maksimal 31,5 Nm pada 5.250 rpm. Bore dan stroke berukuran 77 mm x 70,7 mm, plus rasio kompresi 10,5:1. CVT yang sepenuhnya otomatis memudahkan untuk mengakses daya motor empat katup.

Guna meningkatkan pendinginan piston, ia menggunakan jet oli, seperti yang ada pada CRF450R. Sistem yang menyemprotkan oli tepat ke bagian belakang piston, mempercepat waktu pengapian dan meningkatkan kinerja pembakaran. Sementara kapasitas oli mesinnya 1,8 liter. 

Mesin ADV350 juga dilengkapi dengan dua tingkat Honda Selectable Torque Control (HSTC). Sistem dapat mendeteksi perbedaan antara kecepatan roda depan dan belakang, menghitung rasio slip dan kemudian mengontrol torsi engine melalui injeksi bahan bakar untuk mendapatkan kembali traksi roda belakang.

HSTC dapat diaktifkan (ON-OFF) melalui sakelar di stang kiri. Indikator 'T' di layar berkedip saat sistem bekerja untuk mengatur pegangan.

2. Suspensi

Ia dibekali suspensi USD 37mm dengan stroke 125mm. Untuk meningkatkan kekakuan seluruh ujung depan, garpu dijepit oleh yoke atas dan bawah bergaya sepeda motor konvensional.

Belakangnya pakai peredam kejut reservoir ganda dengan travel 130mm yang memiliki penyesuaian pegas-preload. Menawarkan reaksi suspensi yang sangat baik pada berbagai permukaan jalan. Swingarm gunakan aluminium one-piece.

3. Tangki Bahan Bakar

Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 11,7 liter. Klaim pabrikan konsumsi bensinnya 29,4km/L. Jadi dalam keadaan tangki penuh, ia bisa menmpuh jarak hingga 321 km.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Kombinasi Roda

Ia gunakan kombinasi roda 15 inci dan 14 inci. Desain pelek tergolong baru untuk semua skuter Honda. Cast aluminium warna hitam dengan pola silang 6 palang berbentuk X. Ukuran pelek depan 3,5 inci dan 4.0 inci belakang.

Masing-masing dibungkus dengan karet 120/70-15MC 56P dan 140/70-14MC 62P. Sudah dilengkapi ban tipe tubeless pola blok yang siap pakai untuk light off-road. Namun, belum diketahui merek ban yang dipakai.

5. Rangka dan Dimensi

Skutik ini dibekali spesifikasi sasis yang diklaim kokoh, pakai model rangka baja tubular. Adapun dimensi, ADV350 punya panjang 2.200 mm, lebar 895 mm, tinggi 1.430 mm, jarak sumbu roda 1.520 mm, tinggi jok 795 mm, ground clearance 145 mm, serta bobot sekitar 186 kg.

6. Pengereman

Urusan pengereman, dipercayakan pada cakram tunggal 256mm di depan, dikawinkan dengan belakang 240mm. Masing-masing dijepit kaliper 2 piston dan kaliper piston tunggal, dilengkapi ABS dua channel.

Untuk meningkatkan keamanan, dirinya juga sudah disematkan Sistem Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini bikin lampu hazard otomatis menyala saat melakukan pengereman mendadak, memperingatkan pengguna jalan di belakang.

7. Lampu LED

Headlamp dipasang tinggi di atas roda depan. Didesain terbagi menjadi dua bagian, teknologi yang diusung pun sudah menggunakan LED multi reflektor untuk lampu utama, serta sinyal belok model gantung yang juga sudah pakai LED.

8. Bagasi

Dua helm full-face bisa muat di ruang penyimpanan di bawah jok. Total kapasitas penyimpanan di bawah jok adalah 48 liter. Kemudian ada glove box di sisi kiri stang dan dapat dikunci.

Di situ juga terdapat soket USB Type-C untuk mengisi daya ponsel cerdas. Untuk kapasitas angkut kargo tambahan, tersedia varian Smart Topbox. Smart Topbox terbuka secara otomatis dengan Smart Key ADV350.

 

3 dari 4 halaman

9. Panel Instrumen

Menjaga pengendaranya tetap terhubung, dasbor LCD ADV350 mengintegrasikan sistem Kontrol Suara Smartphone Honda (Honda Smartphone Voice Control system).

Dapat menghubungkan pengendara ke smartphone saat bepergian dan memungkinkan manajemen suara untuk panggilan telepon dan musik.

Intercom yang dipasang di helm dan aplikasi RoadSync Honda adalah komponen yang diperlukan untuk mengaktifkan system ini.

Smartphone terhubung melalui Bluetooth. Pengelolaan Sistem Kontrol Suara Smartphone Honda ada di switchgear kiri.

10. Smart Key

Fitur nyaman lainnya adalah Smart Key, yang memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan kunci kontak, membuka / menutup bagasi di bawah jok dan secara otomatis mengunci saat rider meninggalkan motor.

11. Varian

Honda ADV 350 tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni Spangle Silver Metalic, Mat Carbonium Grey Metallic dan Mat Carnelian Red Metallic.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini