Sukses

Adu Pesona Hyundai Staria Vs KIA Grand Carnival, Pilih yang Mana?

PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi meluncurkan KIA Grand Carnival saat pembukaan GIIAS 2021 lalu. MPV mewah ini menjadi mobil flagship KIA, sekaligus pengganti Grand Sedona.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi meluncurkan KIA Grand Carnival saat pembukaan GIIAS 2021 lalu. MPV mewah ini menjadi mobil flagship KIA, sekaligus pengganti Grand Sedona.

Pesaingnya juga datang dari Korea Selatan, yakni Hyundai Staria. Sama seperti KIA Grand Carnival, Staria merupakan MPV bongsor dan mewah.

Keduanya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun secara keseluruhan, siapa yang unggul?

Untuk membandingkannya, bisa dilihat pada eksterior maupun interior. KIA Grand Carnival mengusung bodi ala-ala soccer mom van yang kerap ditemukan di Amerika Serikat. Pada dasarnya, mobil terlihat lebih panjang akibat tarikan garis atap yang cenderung mendatar, dari bagian kaca depan hingga ke belakang.

Sebaliknya, Hyundai Staria terlihat lebih tinggi karena kaca samping yang besar. Hyundai Staria juga mengusung tampilan yang lebih modern dan futuristis, melalui minimnya tarikan garis di sekujur tubuhnya.

Bagian interior kedua mobil ini dibedakan dengan konfigurasi tempat duduknya. KIA Grand Carnival bisa menampung hingga 11 penumpang, sama dengan KIA Grand Sedona sebelumnya. Hal ini membuat Grand Carnival lebih praktis.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interior

Sedangkan Hyundai Staria tersedia dengan pilihan tujuh atau sembilan penumpang. Meski tidak sepraktis Grand Carnival, interior Staria menjadi lebih mewah, lantaran semua kursi sudah captain seat. Bahkan varian tujuh penumpang mempunyai fitur ottoman.

Secara fitur, KIA Grand Carnival maupun Hyundai Staria termasuk mumpuni. Keduanya sudah dilengkapi dual sunroof, speedometer digital, head unit besar, dan sistem audio premium.

3 dari 4 halaman

Keselamatan, performa, harga

Perbedaan selanjutnya ditemukan pada peranti keselamatan. Hyundai Staria sudah dilengkapi Hyundai SmartSense yang cukup komplet. Namun, sama seperti mobil Hyundai lainnya, fitur Adaptive Cruise Control (ACC) tidak ditemukan.

Sebaliknya ACC justru disematkan pada tipe tertinggu KIA Grand Carnival. Tidak hanya itu, KIA memberikan fitur-fitur canggih lainnya, seperti Forward Collision-Avoindance Junction Turning (FCA-JT), Rear Cross -Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), serta Blind Spot View Monitor (BSM).

Untuk dapur pacu, kedua MPV bongsor ini mengusung mesin 2.200cc turbo diesel. Yang menarik, performa di Grand Carnival lebih buas. Mobil itu menghasilkan tenaga 202 PS dengan torsi 441 Nm.

Sementara mesin Hyundai Staria mempunyai output 177 PS dan torsi puncak 431 Nm. Kedua mobil ini menyalurkan seluruh daya pacu mesin ke roda depan melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

KIA Grand Carnival dibanderol mulai dari Rp 786,8 juta untuk tipe Dynamic, sedangkan tipe termahal Premiere diberi harga Rp 886,8 juta. Di sisi lain, Hyundai Staria Signature 9 dipatok Rp 888 juta, dan Staria Signature 7 mempunyai harga Rp 1,02 miliar.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.