Menikmati Keindahan Lombok Bareng Honda ADV150

Oleh Septian Pamungkas pada 25 Nov 2021, 17:02 WIB
Diperbarui 25 Nov 2021, 17:02 WIB
Honda
Perbesar
Touring 'Honda Communitrip Goes to Mandalika' menempuh jarak 300km. (AHM)

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar touring jelajahi pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, bertajuk 'Honda Communitrip Goes to Mandalika' yang juga diikuti awak media termasuk Liputan6.com pada akhir pekan lalu (19-20/11/2021). Honda ADV150 menjadi teman perjalanan para peserta dalam mengeksplorasi keindahan Lombok.

Kegiatan ini ditujukan untuk memperkuat solidaritas sesama bikers Honda sekaligus mengeksplorasi keindahan pariwisata Pulau Seribu Masjid, sebelum akhirnya memberikan dukungan langsung ke pembalap muda Indonesia binaan AHM yang berlaga di Asia Talent Cup (ATC) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (21/11/2021).

Touring dengan total jarak hingga 300 kilometer (Km) ini terbagi dalam dua hari. Di hari pertama, Jumat (19/11/2021), rombongan mengawali perjalanan dari Kota Mataram menuju Selatan melalui ByPass Praya kemudian lanjut ke Pantai Selong Belanak, lalu menyusuri Pantai Selatan melewati Mawun dan singgah di Desa Adat Sade.

 

honda
Perbesar
Jalur Lombok selain menawarkan pemandangan yang indah, jalanannya pun mulus. Asyik buat motoran. (AHM)

Setelah mengeksplorasi tempat tinggal suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok, perjalanan dilanjutkan menuju Hotel Nusantara di Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Total perjalanan di hari pertama mencapai 170 Km.

Di hari kedua, Sabtu (20/11/2021), perjalanan kembali dilanjutkan. Masjid Kuno Bayan di Lombok Utara menjadi destinasi pertama rombongan touring.

Di sini, komunitas Honda serta perwakilan AHM yang diwakili General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, menyerahkan donasi berupa bantuan kebutuhan untuk masyarakat Desa Bayan.

 

Honda
Perbesar
Penyerahan donasi untuk masyarakat Desa Bayan di Masjid Kuno Bayan. (Septian/Lombok)

Usai penyerahan donasi, perjalanan kembali dilanjutkan menuju tempat makan siang di Rinjani Lodge. Di tempat ini seharusnya kami bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani sembari makan siang, tapi sayangnya saat itu gunung dengan ketinggian 3.726 Mdpl itu tertutup awan.

Cuaca yang semula terik, seketika berubah total. Awan gelap menggelantung di langit dan tak lama kemudian hujan deras turun. Perjalanan pun dilanjutkan dengan hujan-hujanan.

Perjalanan yang menyisakan 100 Km lebih diputuskan untuk diteruskan hingga finis di Honda Krida Mataram via Pantai Senggigi.

 

Honda
Perbesar
Guyuran hujan tak menghalangi jalannya touring eksplorasi Lombok. (AHM)

Menurut General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, potensi wisata Lombok luar biasa, apalagi ditambah dengan adanya Sirkuit balap internasional Mandalika yang akan rutin gelar ajang balap international setiap tahunnya.

"Pesona alamnya sangat indah dan jalannya nyaman untuk dijelajah menggunakan roda dua. Semoga touring ini dapat memberikan energi positif untuk terus mendukung dunia pariwisata Indonesia melalui beragam kegiatan serta semakin menguatkan silaturahmi sesama bikers," ujar Muhib.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lombok Cocok untuk yang Doyan Touring

Honda
Perbesar
Rombongan touring saat melewati proyek pembangunan jembatan di kawasan Sembalun. (AHM)

Catatan Liputan6.com, jalur yang dilalui rombongan touring tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah tetapi juga memanjakan bagi bikers yang hobi touring. Pasalnya, jalan yang dilalui memiliki aspal yang mulus dan konturnya yang naik turun serta berkelok khas pegunungan.

Namun yang patut diwaspadai adalah banyaknya anjing liar yang berseliweran di pinggir jalan. Anjing liar ini kerap berdiri ataupun tiduran di pinggir jalan dan tak sedikit yang menyeberang jalan.

Selain anjing, sapi milik peternak yang sengaja dilepas untuk mencari makan juga harus diwaspadai pengguna jalan. Rombongan kami pun sempat menjumpai sapi yang menyeberang jalan. Beruntung tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Menyoal motor yang digunakan, mesin 150cc yang diusung Honda ADV150 kami rasa cukup mumpuni untuk melibas jalur pegunungan di Lombok. Motor bergaya adventure ini juga menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan tidak bikin badan cepat capek.

Motor dengan Two Step Adjustable Windscreen ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 28 liter yang terletak di bawah jok. Ruang besar ini mampu menampung cukup banyak barang, seperti jas hujan, tas kecil, jaket, bahkan helm full face.

ADV150 juga dilengkapi panel meter full digital yang dapat menampilkan berbagai informasi. Cuma menurut kami, saking banyaknya informasi yang disuguhkan membuat tampilannya begitu padat, sehingga agak susah dibaca saat berkendara.

Model ini juga memiliki fitur ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe ABS dan ACG starter yang bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya